Nge-Gugling

12.57

Waaaw waaa waaaaa..
couldn't believe ini hari terakhir di bulan Agustus.. Besok udah bulan September boww! 
Gue ngerasa tahun ini jalan-nya cepet bangeeed, bukan jalan kaya-nya udah lari dehhh.ckckck.. 

Begitu pula dengan kuliah gue, udah masuk term 2 ajaa dan udah berjalan 1 bulan pula! DOEENK..

Gue punya temen di kampus, namanya William. Dia ini temen 1 kelompok juga selama term 2 ini. Dia ini hobby bangeed nge-gugling. Kadang dosen-dosen dia cari data-nya di google, katanya sihh biar tau kira-kira tuh dosen gimana tipenya :p Nahh kemaren selesai kuliah Operation Fundamental, si William ajak gue enn Vincent buka google.. Mo liat apa yang kita gugel kemaren?? Here it is..

buka : www.google.co.id

ketik : 'American' di tab 'Gambar'

Ohhh keluarnya masih normal. Gambar-gambar bendera Amerika..

Ketik : 'European' 

Ketik : 'African'

Yahhh masih normal lahh keluar gambar peta enn orang-orang Africa..

Ketik : 'Australian'


Kangguruuuuuuuu...

Ketik : 'Asian'
and the result is.....
...................
..................
..................



WOOOT!@!@?!?!?!?! Koqq beginian yang keluaaaar?? Koqq bukan gambar peta to bendera??

Kemaren waktu lagi buka di kampus sempet ketawa juga sihh gue.hahaha. Gue bingung kenapa yang keluar gambar cewe-cewe macaaam ituu yaa?? @.@ itu nggak di sengaja lohhh, kalo nggak percaya enn penasaran monggo dicoba! Itu gambar sampe gue sensooooorrr.. Ampuuunnn koqq bisaa yaaa Googleee???

Trus barusan gue isenk gugling lagi. Kali ini ketik : 'Indonesian' dan yang keluar adalah :

OHH MY!! Ituuu premaaan dari mana cobaa?? Astagaaaa X__X

Haeuaheueheueeh.. Kenapa bisa begitu yaaa?? *bingungdanheran* 


----
Kemarin ini dosen gue cerita tentang world class company. Saat ini beliau bekerja sebagai salah satu komisaris perusahaan besar di Indo, pokoknya kalo gue mention pasti langsung pada tau-lah. Nahh kemarin beliau cerita tentang pengalaman magang-nya di Korea dan Jepang. Jadi kita lagi membandingkan perusahaan bertipe sama di Indonesia dengan perusahaan di Korea dan Jepang yang udah masuk kategori 'World Class Company'. Trus beliau bilang salah 1 hal yang membuat perusahaan tersebut jadi world class company adalah karena mereka memiliki culture yang world class juga.. That's why mereka bisa jadi world class company, itu yang nggak dimiliki oleh perusahaan-perusahaan di Indo.. 

2 hal yang kemaren beliau bahas.. Gue juga mo bahas hari ini..

1. Disiplin
Culture perusahaan di Jepang dan Korea itu disiplin. Bagi mereka waktu itu berharga sekali. Suatu hari ketika dosen gue lagi di Jepang, dia lagi ada di sebuah ruangan bersama Manager perusahaan. Tiba-tiba ada orang ketok-ketok pintu, masuk tanpa ba bi bu langsung push up. Dosen gue bingung donk, setelah ditanya ternyata orang itu push up karena terlambat dateng! Jadi disana memang seperti itu kebiasaannya. Ketika mereka tau kesalahan mereka, mereka menyesal dan memberi hukuman pada diri sendiri.

Nahh dosen gue bandingin donk sama attitude orang Indo yang katanya udah tauu telat nihh tapi kalo rokok masih panjang tetep lanjut, nggak peduli udah telat (nggak maksud nyindir :p) Itu yang disebut world class culture, selama orang Indonesia belum disiplin susah buat perusahaan-perusahaan sene bisa jadi world class company. Jadi perusahaan-perusahaan di Jepang en Korea sono emang udah punya sistem yang bagus. Cuma gue pikir kita mesti latihan nihh, meskipun sekarang sistem di Indo belum bagus kita harus memperbaiki attitude kita, so one day ketika semua sudah bagus kita nggak kaget dengan culture world class..
Meskipun gue belum kerja kantoran sekarang, cerita dosen gue kemaren nyentil gue juga lahhh. At least gue harus lebih mendisiplinkan diri gue terutama soal waktu. Dateng on time itu juga termasuk salah satu disiplin lohh, dan ketika kita dateng on time tandanya kita menghargai waktu orang lain. Kalo lu tinggal di kota yang hampir selalu macet seperti Jakarta, jangan jadiin alesan macet ketika loe telah dateng. Udahh tauu kan bakal macet, dateng lebih awal donk. Yaa kecuali kalo ban mobil/motor tiba-tiba kempes, itu kan diluar kehendak kita :D Yuuuu belajar disiplin, dateng on time!

2. Respect kepada otoritas
Gue lupa ini di Jepang atau Korea, di perusahaan mereka ada sistem seperti ini. Misalnya di divisi pemasaran, si A mo diangkat jadi Manager tapi ternyata di divisi itu ada yang lebih tua daripada si A, maka yang lebih tua itu dipindah divisi atau dipromosi sehingga ketika si A naik jadi manager semua bawahannya berusia dibawah si A.. 

Dosen gue sempet bingung donk kenapa bisa seperti itu, ternyata menurut mereka supaya enak kerjanya, supaya hubungan terjaga dengan baik. (Agak kurang paham relasinya sih.) Cuma yaa yang perlu kita pelajari adalah saling respect antara 1 dengan lainnya. Bible juga udah bilang kan kita harus tunduk pada otoritas-otoritas di atas kita, ntah itu pemerintah, bos di kantor, pemimpin rohani, ortu dsb. Emaaang bener sihhh, waktu kita mengambil bagian untuk mo taat dengan otoritas yang ada, ada berkat Tuhan khusus buat kita. Itu bener buangeeed guys! 


Anyway postingan gue kali ini nggak bermaksud untuk jelek-jelekin Indonesia lohh. Justru gue mo encourage kalian semua (termasuk gue) untuk terus mendisiplinkan diri demi Indonesia yang semakin baik. Stop blaming government etc. To have a bright future, Indonesia need you!! Change your self first. 


GO GO GO!!
Sekian.. 

You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe