P.R.A.Y

00.44

Happy Holiday, Friends.. =)
*psstt agak panjang nihh :p 



Gue dapet tema tentang bulan ini adalah : Month Of Prayer..
Waktu liat recent update di bbm kaget juga baca status Ci Cella koq dapet-nya tentang Month of Prayer juga.hehehe. Emang Tuhan ajaib..
Emang sih hari-hari ini ada beberapa hal yang gue bawa dalam doa, enn Tuhan seperti mengingatkan gue untuk back to basic -> Berdoa..

So, today gue mo bagiin sedikit tentang Berdoa, gue ambil dari Matius 6:5-15.. 
1. Pray with Simplicity
Matius 6:7 berkata janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang mengenal Allah.
"Kalau kalian berdoa, janganlah bertele-tele seperti orang-orang yang tak mengenal Tuhan. Mereka menyangka bahwa permintaan mereka akan didengar sebab doa mereka yang panjang itu. " (BIS) 
Maksud bertele-tele disini adalah ber-basa basi dengan Tuhan. Belajarlah untuk berdoa dengan simpel dan sederhana, bukan berarti Tuhan nggak ngerti doa kita, tapi belajarlah untuk memiliki hati yang apa adanya di hadapan Tuhan, toh Tuhan tau koqq hati kita.. 

2. Give Your Time to PRAY
"When you pray, go to your room and close the door. Pray privately to your Father who is with you. Your Father sees what you do in private. He will reward you. " -Mat 6:6- (GW)
Berikan dan khususkan waktu kalian untuk berdoa. Memang betul berdoa itu dimana saja dan kapan saja, tapi berikan waktu khusus untuk kalian bisa bercakap-cakap dengan Tuhan. Gue belajar bangeed buat berdoa dimanapun gue berada, terutama jika ada yang minta didoain. Contohnya, sering kan kalian dapet bbm atau perkataan temen yang bilang, "Kez, 1 jam lagi gue tes nih, tolong doain gue yaa.." Kalo saat itu kalian lagi di jalan, kan nggak mungkin doa kenceng-kenceng, atau kalau kalian nunggu malem dimana kalian bisa berdoa private yaa keburu selesai atuh tuhh tes, jadi biasa gue langsung doain di dalam hati, "Tuhan aku berdoa buat si A yang mo tes, penyertaan Tuhan sempurna, beri hikmat dan ketenangan. Amin" Itu juga berdoa =)

Tapi kita nggak bisa cuma berdoa dengan Tuhan dengan instan gitu aja. Ketika kita jatuh cinta dengan seseorang, kita akan memberikan waktu kita khusus buat dia, nah begitu pula dengan ini. Waktu khusus dengan Tuhan yang kita isi dengan doa, baca Alkitab, merenungkan kebaikan Tuhan akan membuat kita makin hari makin cinta sama Tuhan, akan membuat roh kita makin kuat, akan membuat hubungan kita makin hari makin intim sama Tuhan. Keintiman kita sama Tuhan membuat kita makin nggak percaya sama iblis, so waktu iblis bilang, "Loe nggak berharga tuhhh.." Nahhh, karena kita deket sama Tuhan, kita percaya sama Tuhan, kita bisa bilang, "Loe yang nggak berharga blis, gue berharga, Tuhan Yesus mati buat gue boww!" hehehe..

3. Be HONEST
".... karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya." ay.8b.
Kita tidak perlu menutup-nutupi hati dan pikiran kita di hadapan Tuhan. Dia itu nggak mungkin kita bohongin dehhh. Waktu kita lagi sedih mungkin orang lain bisa kita tipu dengan keceriaan kita, tapi Tuhan tidak! Dia mengetahui apa yang menjadi kedalaman hati-mu. So, be honest. Waktu kita lagi butuh sesuatu, bilang-lah dengan jujur pada Tuhan, waktu kita stress bilang-lah dengan jujur. Gue juga belajar untuk berkata jujur di hadapan Tuhan, kadang gue malu mengakui di hadapan Tuhan, tapi gue terus belajar, kadang gue bilang : Tuhan aku lemah di area ini, please bentuk aku disini dan bantu aku supaya aku kuat menghadapi prosesnya. atau bilang, Tuhan jujur aja aku kesel sama dia.. Well, it's not easy, tapi ayo jujur-lah dalam doa-doa kalian.

4. Praise HIM
Jangan cuma doa karena ada mau-nya ajaa. Tuhan itu bukan mesin pengabul keinginan kita, Dia jauh lebih rindu mendengar pujian dan pengaguman kita. Jangan datang seperti penodong yang memberikan list doa kita, ayo datang dengan hati yang rindu membangun hubungan dengan Dia. Katakan, Lord You are Good. Lord, i love You, You are my everything. Bahkan saat kita sedang merasa kering, sedang tidak merasa cinta sama Tuhan, ayo paksa diri kita untuk bilang, "Tuhan Yesus, i love You. i want You." Ingat, mengasihi Tuhan dengan segenap hati, segenap jiwa dan segenap akal budi. Waktu hati-mu merasa kering ayo gunakan akal budi-mu untuk mencintai Dia. 

Kalo kita bilang cinta sama Tuhan setelah kita dapet berkat, setelah kita dapet kerjaan, itu mahh biasaaa. Tapi saat kita merasa kering, merasa sedih, tidak ada pertolongan dan kita tetap berkata, "Tuhan aku mengasihi-Mu." Kita seperti bilang : Aku tetap mengasihi-Mu Tuhan whatever the condition.

5. Pray for others
Ayoo belajar untuk bisa berdoa buat orang lain, buat pelayanan di Gereja-mu, buat pemimpin-pemimpinmu. Jangan berdoa buat diri sendiri terus. Gue ingeed bangeed dulu Ketua Youth gue pernah bilang, "Waktu kita berdoa untuk kebutuhan orang lain, Tuhan memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan kita." Tapi jangan jadikan itu motivasi yaa.

6.Use God's Word
Gunakan ayat-ayat Firman saat kita berdoa. Apabila Tuhan memberikan kita sebuah janji dalam Alkitab perkatakan hal itu ketika berdoa. Misal-nya, "Tuhan aku percaya bahwa anak Tuhan tidak akan dibiarkan jatuh sampai tergeletak. Aku percaya bahwa Tuhan pasti menolong-ku." Firman Tuhan adalah pedang Roh. Ayat-ayat di Alkitab bukan cuma jadi pajangan yang bagus doank, gunakan itu sebagai pedang dalam hidup-mu. 

7. Believe but Let Your Will be done
Berdoa itu harus disertai dengan iman, disertai dengan kepercayaan. Tuhan mo kita percaya 100% pada kedaulatan-Nya atas hidup kita. Kita bisa mempercayai Tuhan sepenuhnya karena kita memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan, kalo kita nggak kenal deket sama orang kita pasti susah percaya donk??

Berdoa juga harus disertai dengan hati yang penuh dengan kerelaan. 
Yaaa kita harus percaya bahwa doa kita akan dijawab, tapi kalo Tuhan pengen kasih kita yang lain kita juga harus tetap percaya bahwa itu yang terbaik dari Tuhan. Mungkin kadang diluar keinginan kita, diluar nalar kita, tapi yuu mari kita belajar seperti Maria yang berkata, "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu."

***
Doa adalah NAFAS hidup orang percaya.
Bisa-kah kita sehari tidak bernafas?? >> TIDAK..
Bisa-kah kita sehari tidak berdoa?? >> TIDAK..

***
Hari minggu kemaren gue dapet buletin Gereja JPCC, dan tema-nya adalah PRAY and FAST! 
Wahhhh luar biasa!HEHEHE.. Gue akan bahas tentang puasa di lain kesempatan :p
en ada 1 quotes yang bagus..

Are you asking God for something that only He can do??
Pray BIG!!!


You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe