Jadi Asslab

00.26

Hmm, dari sebelum masuk ke dunia kuliah, i had a dream.. Jadi asisten dosen atau yang lebih qren called 'asdos'.. Waktu masuk ke binuZ, keinginan ituu masih menggebu-gebu dalam hati guee.. Memang dari dulu gue sudahh menyukai dunia mengajaar :)

Di semester 4, gue enn beberapa teman mendaftarkan diri jadi Asisten Lab Sisfo.. Saat ituu, gue sangaad bersemangaad karena itu adalah salah satu mimpi gue.. Menjadi Asissten Dosen, atau Assisten Lab.. Untuk menjadi seorang Asslab Sisfo (singkatan dari Assisten Lab Sisfo) harus melalui 4 tahap.. Yang pertama adalah lulus berkas (maksudnya memenuhi kualifikasi dari segi nilai dan ipk).. Yang kedua adalah tes tertulis.. Yang ketiga, simulasi mengajar.. Yang ke-empat, interview..


Setelah gue lolos tes tahap pertama yaitu kualifikasi nilai, gue belajar untuk tes tahap ke-2 yaitu tes tertulis.. Tes tertulis inii cukup mengeliminasi banyak orang.. jadii waktu ituu gue bela-belain dateng ke kampuZ di saat tanggal merah dan belajar bersama teman dann ci merry..

Gue merasaa sangaad yakin saat itu bahwa gue akan lolos tes.. Gue merasa sangaad tenang sebelum tes, beda dengan teman2 yang lain yang sangaad panik... Saat mengerjakan gue merasa sangaad bisaa sehingga after tes itu berlangsung gue rada pede gtuu kalo gue bakaL lolos.. Dan ternyataaaaaaaaaaaaa....

jeng jeeeeeeeeeeeeeeeennnngggg...

FAILED..... NGGAK LOLOS....


I was really shocked..!! Temen-temen gue sbagian besaaar ketrimaa.. Saat ituu gue rasanya kecewaaaaaaaaaaaa skaliiiii.. Kecewaaaaaaaa karna gue gagal... Kecewaaaa karna mimpi guee nggak tercapaai.. :( I asked God, knapaa bisaa gagal jadii asslab?? Guee sampe bilang : Tuhan, keZ maluuu.. temen-temen keZ (yang mayoritas nggak kenal Tuhan) ajaa bisaa jadi asslab.. Knapaa keZ gagal Tuhan?? But at that time, God kept silent...

Di semester 5 inii, dibuka kembali pendaftaran asslab.. Beberapa teman gue menyarankan gue untuk ikutan lagii, tes ulang lagii.. Gue bimbang.. Di satu sisi, ada keinginan untuk ikut tes lagi, tapii di sisi lain gue takuut.. Gue adalah orang yang takut gagal, kalo gue pernah gagal rasanya sangaaad malaaaas untuk mencoba hal yang sama kembalii.. Gue cukuup dilema saat ituu, gue mintaa nasehat beberapa temaan dan mereka menyarankan untuk ikut tes lagiii.. Bahkan adaa salah satu teman gue yang bener-bener maksa gue untuk ikuut enn diaa bersedia untuk ngajarin guee materi yang akan diujikan.. 

Akhirnya gue memantapkan diri gue untuk ikuut tes ulaang.. Gue kumpulin segala berkas yang dibutuhkan, buat cv, surat lamaran.. Bedanya dengan semester lalu, di semester ini gue diem-diem daftar asslab-nya.. Karna gue maluu, kalo gagal lagii kan at least nggak adaa yang taoo gtuu..hehee.. Beberapa hari setelah kumpul berkas, pengumuman tes tahap 1 keluar dan hasilnya gue lolos.. Fyuhh.. Setelah ituu, gue haruZ ikut tes tertulis (yang tahun lalu gue failed).. Ini bagian paling mendebarkan.. Berhubung di semester lalu gue gagal, guee jadii takuut.. Gue mintaa temen gue buat ajarin gue (tenggs lendra dan echa : D) tapii karna kesibukan gue, gue blajar tidak begitu maksimal seperti semester  laluu..

Hari yang ditunggu-tunggu tiba jugaa.. Gue nggak akan pernah lupaa tanggal tes tertulis gue, 11 November 2010.. Beberapa jam sebelum tes gue sangaad tegaang, saking tegangnya sampe gue sakit peruut..hahaa.. Tapii gue minta Tuhan supaya gue bisa jadii tenaang... 

Saat soal dibagikan....

duuuuuuuuuuuuueeeeeeeeeeeeeeeeeeeeerrrrrr.....

Kasusnya susaaaaaaaahhh..!! Gue sampai harus baca berkali-kali untuk mengerti kasus itu.. Gue buat class diagram sampai berkali-kali saking nggak yakin-nya.. Guee udahh rada panik tuhh liat kasus kaya gituu, but i did my best.. Setelah tes selesai, gue sempet kroscek jawaban dengan beberapa temen gue yang ikut tes jugaa.. Jwaban gue beda dengan mereka, gue smpe speechless sendiri, apalagi waktu mereka menjelaskan logika mereka.. Huayoooo, saat ituu gue berpikir bahwa logika mereka sangaad masuk akal enn gue yang salaahh.. T.T

Gue terdiam.. Tiba-tiba otak gue seperti flashback kejadian di semester 4.. Dimana setelah tes, gue begitu yakin kalo gue akan lolos karna gue bisa ngerjain.. Gue udah yakin ajaa ternyata nggak lolos.. Apalagii skaraang?? Dmanaa gue sangaaad tidaak yakin dengan jawaban guee.. Manaa bisaa gue lolos, pikir gue saat ituu.. Tapii gue buru-buru ganti pikiran gue.. 

I said to God.. "Tuhan, keZia udah lakukan bagian keZia.. KeZia udah usaha kasih yang terbaik.. Masalah lolos atau enggak, itu bagian Tuhan.. udah bukan bagian kuu lagii...."

Gue berusaha melepaskan pikiran jadi asslab dari otak gue.. Gue berpikir kemungkinan gue untuk jadi asslab udah sangaad kecil.. Gue sampe doa gene, "Tuhan, Tuhan taoo kan inii mimpi keZ?? Tuhan taoo kan kalo i really want to be asslab?? Kaloo Tuhan izinkan keZia buat gagal lagi di semester ini, keZ percaya Tuhan pasti punya rencana yang indah.. I "give my dream" to You Lord.. Apapun hasilnya, Tuhan Yesus tetaap baik..!!"

Doa seperti ituu bukan hanya skali gue katakan tapii berkali-kaliiii.. Karna gue masih takuuut gagal, tapii gue nggak mo memaksakan kehendak gue jugaa ke Tuhan.. Jadii sepertii perdebatan batin..hehee.. Hampir setiap hari gue bilang, "Ketrima nggak ketrimaa Tuhan tetaap baik." (saking takut kecewa boo :p)

Tanggal 4 Desember 2010, saat perjalanan ke SICC untuk dopeng, gue tiba-tiba dapet telepon dari no telepon binuZ, guee taoo karena gue dulu kerja di marketing dan sering dapet telepon dari binuZ.. Telepon ituu membawa kabar sukacita..!! Gue lolos seleksi tertulis tahap 2..!! Puji Tuhaaaaaan.. AbiZ gue tutup tuhh telepon gue langsung tereak-tereak di mobil..hahaaa.. Woowwwwww Tuhan luaar biasaaaaaaaa...

Untuk jadi asslab, gue harus lewatin 2 tahap lagii yaitu tes simulasi (tes ngajar) dan interview.. Tanggal 6 Desember gue tes ngajaar di depan para asslab.. Gue tidak menemui kesulitan karena gue memang hobby ngajar plus gue pun guru les tapii gue nggak mo sombong.. Gue tetaap berserah samaa Tuhaan.. Tanggal 17 Desember, gue tes interview.. Gue merasaa interview gue kurang memuaskan, tapii lagi-lagii.. Gue serahkan semuaa ke Tuhaan.. Gue merasaa lebih enteng ajaa jalanin tes demi tes karena gue udahh nggak memaksakan kehendak gue lagi, tapii biar kehendak Tuhan yang jadi atas gue... :)

Tanggal 20 Desember, sehabis gue bobo siang.. Gue online facebook, dan tiba-tiba temen gue komen "congratz yaa keZ jadii asslab.." Woooooohhhhh guee shocked...!! Gue langsung panggil diaa di ym, guee nggak percayaa gtuu..hahaa.. Dia suruh gue buka binusmaya enn ternyataa bener loo..!! Adaa namaa gueee... Gue ketrimaa jadii asslaab...!! Terima kasihh Tuhaaaaan...


inii pengumuman di binusmaya, yang dikotak merah ituu nama guee..hahaa..
*norak yaaa :p"

Saat gue berdoa, Tuhan jawaab pertanyaan gue di semester laluu.. Tuhan bilang, "keZ, di semester lalu aku izinkan kamu gagal jadii asslab karena kalo kamu lolos, kamu pasti akan sombong.. Karna kamu merasa kamu bisaa kerjain, kamu akan berpikir kalau kamu lolos yaa ituu karena kamu bisaa, bukan karena Tuhan.." 
Awwwwww, merasaa tertegor langsung..hehee.. Setelah gue renungkan, bener jugaa yaa.. Di semester laluu gue udahh sangaad pede gue akan lolos, tapii di semester inii, gue pasraah samaa jawaban gue.. Guee dahh pikir pasti nggak lolos tapii ternyata Tuhan buat gue lolos..!! Wowwwwwww... Rencana Tuhan memang tidak terselami yaaa..

Hal lain yang gue plajarin adalah, kita harus mengejar mimpi-mimpi kitaa.. Jangan mudaah menyeraaah.. Nggak boleeh takuut gagal.. Kegagalan adaa bukan untuk membuat kitaa berhenti mengejar mimpi kitaa, tapi kegagalan diiZinkan terjadi supaya kita nggak sombong, supaya kita taoo apa kelemahan kita, dan supaya kita mengandalkan Tuhan dalam segala hal.. Tapii ingaad, give your dream to God yaaa.. Terkadang Tuhan mungkin nggak mo mimpi-mimpi kita tercapai karena Dia punya sesuatu yang lebih dahsyat untuk kitaa.. 

PRAISE THE LORD


"tetapi orang-orang yang mencari TUHAN, tidak kekurangan sesuatu pun yang baik.."
(Mazmur 34:11b)


You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe