Curhatan Thesis

23.11


Helllo friends!
Udah lama bangeed rasanya nggak nulis, blog udah mulai berdebu.hehehe.


Teman-teman tau nggak sih kalo aku sebentar lagi udah mo thesis. Akhir bulan ini perkuliahan rutin udah habis, awal maret udah UAS term 3 abis itu bikin thesis deh. Rasanya bener-bener nggak percaya, masih berasa mimpi kalo aku udah mo thesis. Aku masih bener-bener bisa rasain sensasi 1 tahun lalu waktu nunggu jadwal sidang skripsi dan sekarang aku udah mo bikin thesis. Unbelievable! 2 tahun lalu aku ada nulis bahwa aku bingung soal skripsi, bisa dibaca disini, dan sekarang aku mo cerita sedikit tentang thesis aku.

Jadi di Binus Business School, tempat aku menimba ilmu sekarang jenis thesis ada 3 : Sendiri (research), 2 orang (consulting project), 3 orang (Business Plan). Awalnya aku bingung mo pilih yang mana, dan dengan berbagai pertimbangan dan beberapa alasan aku jadinya thesis yang research yang berarti sendirian. Awalnya cukup pede and quite challenging sih, karena waktu skripsi S1 aku bikinnya ber-3, pengen tau gituh rasanya bikin thesis sendirian gimana sihhh :p Tapi seiring berjalannya waktu, dan setelah kemarin ikut Thesis Workshop, aku bimbang,takut dan galau! Seriously! Bener-bener nggak tau mo angkat topik apa untuk diriset. Sempet ke perpustakaan kampus juga, liat-liat thesis yang sebelumnya, yang ada makin stress karena ternyata nggak ada batesan khusus untuk topik research.

Jadi waktu dulu S1, topik umum skripsi ada 4 : Database Management, Data Warehouse, Data Mining, Business Intelligence. Jadi itu 4 tema umum dan kita tinggal pilih, nanti judul skripsi tinggal kembangin dari situ. Boleh sih kalo mo diluar 4 topik umum itu, tinggal ajuin ke jurusan. Waktu itu sih topik skripsi gue Business Intelligence. Gile itu susyeeeh bow, tapi yaaah by God’s Grace bisa selesai enn lulus juga. Intinya adalah dulu enak, udah ada batesannya. Nahh yang sekarang ini nggak ada batesan apa-apa, luas bangeeed dan itu bikin gue pusing 10 keliling. Trus juga cuma kenal 1 senior, jadi nggak bisa terlalu tanya-tanya (FYI, susah buat kenal dengan senior2 di S2 karena mahasiswa S2 itu kalo dateng kebanyakan mepet jam kuliah, maklum pada kerja). Kemarin di kelas gue sama sekali nggak bisa konsen ikutin dosen ngomong, gue pusing dengan topik thesis gue. Sampe akhirnya gue mencoba untuk brainstorming. Daaan ini hasil coretan kemarin, beserta coretan temen gue yang membantu menyumbang beberapa ide topik :



Seperti yang udah kalian ketahui yaa, I have big passion di dunia pendidikan dan media. Pendidikan jadi prioritas utama sih, trus ada 1 mata kuliah yaitu business ethic. Itu juga menarik. Gue pengen hubungin antara business ethic-pendidikan dan business ethic-media. Menarik kan? Cuma yaa gue nggak tau mo bahas apa, belum ketemu benang merahnya L kemarin gue sempet stress, sempet nyesel luar biasa, harusnya gue nggak thesis sendirian, gue salah ambil keputusan nih dsb. Cuma yaa, nyesel sampe guling-guling udah nggak guna sekarang. Gue harus tetep semangat, pas bangeed paginya gue dapet ayat di Amsal 18:14 ‘Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?’ Versi The Message : A healthy spirit conquers adversity, but what can you do when the spirit is crushed?

Trus malemnya gue berdoa dan menumpahkan semua ketakutan dan kekhawatiran gue tentang thesis. Gue pengen selesai tepat waktu karena di S2 ini semua serba mahal, mundur 1 term itu juga mahal dan gue nggak mo membebani ortu lagi. Waktu lagi buka-buka Alkitab, Tuhan seperti kasih impresi untuk buka Mazmur 18 dan ada ayat yang nampol bangeed!hahaha.

Ini versi The Message (ay.30-32) :
What a GOD! His road stretches straight and smooth. Every God direction is road-tested. Everyone who runs toward him makes it.
Is there any god like GOD? Are we not at bedrock? Is not this the God who armed me, then aimed me in the right direction? Now I run like a deer; I’m king of the mountain. He shows me how to fight; I can bend a bronze bow! You protect me with salvation-armor; You hold me up with a firm hand, cares me with Your gentle ways.

Yaaak sudah cukup jelas kan saudara-saudara? Waktu baca ini mewek lahh bow. Ayat ini bilang jalan Tuhan itu straight and smooth. Can you imagine sodara2? Padahal kita seringkali terseok-seok tapi Tuhan bilang bahwa itu straight and smooth kalau kita mo ikut rencana Tuhan. Mo taat sama apa yang menjadi jalur kita yang udah ditetapin Tuhan. Somehow gue merasa gue thesis sendirian ini juga masuk ke dalam salah satu rencana Tuhan dalam hidup gue. He hold me up with a firm hand! Gue nggak bakal jatuh. Yeaah AMIN! Semangat gue naik cos I know gue nggak thesis sendirian, gue thesis sama Tuhan Yesus J Sekarang yaa gue harus brainstorm terus sih tentang topik, udah ada 1 dosen juga yang bersedia gue tanya-tanyain ini dan itu. Well, TUHAN BAIK! :D

***
Tanggal 14 Febuari kemarin heboh Valentine kan. Hari itu gue ada kuliah sih, trus gue ajak temen-temen untuk makan bareng sebelum kelas. Kita sempet tukeran kado, sayangnya nggak komplit yang ikut. I was so happy. Lucu sih, di timeline twitter gue ada beberapa (jomblo) yang merana gitu lah karena nggak punya pasangan di hari Valentine. Me? Gue juga belum ada koq, but I can share love to my friends. Yahh berbagi kasih itu nggak perlu nunggu punya pasangan koq, siapa yang ada di sekitar kita? Bagilah kasih itu kepada mereka. Seru dan menyenangkan juga koq =)



Gue tuh selalu sedih kalo inget bulan ini terakhir ada kelas, yaah selama hampir setahun ini kan kita setiap hari kuliah bareng. Ngobrol, makan, foto-foto bareng, ketawa2 bareng, stress juga bareng-bareng. Cuma yaa waktu harus terus berjalan, gue bersyukur gue menikmati masa-masa kuliah S2 gue jadi nggak ada penyesalan. Ini lohh sodara-sodara yang selalu gue kumandangkan (azan kali? :p) Nikmatin waktu yang ada sekarang, jangan terlampau sering ngeluh ini dan itu. Setiap masa itu ada seneng dan juga sedihnya, just enjoy it. Jadi ketika masa itu lewat nggak ada penyesalan. Begitu pula dengan masa single, enjoy your singleness. Jadilah maksimal, mumpung masih single, masih bebas, layanilah pekerjaan Tuhan dengan maksimal, kembangin setiap potensi yang Tuhan sudah berikan. Well, sebentar lagi gue akan masuk ke fase yang baru juga nih, Cuma karena belum pasti nggak mo publish dulu. Sebentaaaaaar lagi :D


 -Love is not just something we cherish but it is supposed to be shared-

You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe