Alasan Melayani

22.15

Hello2... 
Ntahh mengapa, saya merasa kangeeen skali dengan dunia blog.. udah lama, nggak nulis udah lama nggak komunikasi sama temen2 blogger, jadi merasa kangeeeeen :D 
Yaaa hari ini saya mencoba untuk menulis sebagai obat kangeen dengan dunia blogging.. Enjoy yaaa =)

Waktu itu saya pernah cerita kalo youth tempat saya melayani sedang dalam masa-masa kurang baik, yaa that's true, lagi mengalami masa transisi dan itu juga berimbas ke saya. 2 bulan terakhir ini saya merasakan bosan pelayanan, jenuh daaaann beberapa minggu terakhir ini saya dapet masalah juga yang berhubungan dengan beberapa orang di youth, cukup buat saya cukup stress dan sempat terlintas di pikiran, "Saya mo keluar pelayanan dari youth skarang. Mo jadi jemaat ajaa yang duduk manis setiap minggu." 

Yaaahh, nggak bisa dipungkiri masalah ini buat saya merasa capeeeek skali, koqq kayanya dari dulu nggak slesai-slesai yaaa.. Saya sampe mikir, kayanya kalo saya keluar semua masalah langsung beres nih. Hidup jadi aman, damai sejahtera! Di tengah pergulatan pikiran itu, hari ini Tuhan membawa saya ke 5 tahun yang lalu. Dimana waktu itu saya masih SMA kelas 2, dan saya memulai pelayanan saya di youth ini.. Tuhan mengingatkan betapa waktu itu saya menggebu-gebu dalam pelayanan, ikut pembinaan setiap hari minggu. Saya sudah hampir 5 tahun merelakan hari sabtu saya, dimana itu hari jalan-jalan tapi saya memilih untuk ke Gereja. Dulu awal-awal seriiiiiing bangeed nolak ajakan temen buat jalan-jalan di hari sabtu, tapi paling ngenes kalo ada yang bilang, "Ke Gereja itu hari minggu kez, hari sabtu jalan-jalan." Nahh dulu biasa saya langsung bimbang tuhh, pergumulan anak SMA :D 

Tapi saya lihat kondisi saya hari ini. Down, nggak berdaya, jenuh, capek.. Saya capek Tuhan dengan semua ini, kalo saya keluar, masalah ini pasti beres, tuntas! Tapi Tuhan Yesus baik, Dia langsung cepet-cepet ingetin tentang apa yang ada di hati saya 5 tahun lalu. Dasar saya melayani Tuhan.. Mungkin ada berbagai alasan kita ikut pelayanan, tapi saya merangkum menjadi 2 hal yang paling mendasar..

1. Karena kita CINTA Tuhan
Simpel.. Kenapa sih kita pelayanan?? yaa karena kita cinta sama Tuhan. Seperti 2 sejoli yang sedang dimabuk cinta, pasti deh kita pengen melakukan sesuatu yang membuat pasangan kita senang. Sama juga dengan kita ke Tuhan, kita mengasihi Tuhan, dan pelayanan adalah salah satu bentuk bahwa kita mengasihi Tuhan.. Tuhan ingatkan saya, "knapa kamu mo keluar pelayanan Kez? Apakah kamu sudah tidak mengasihi Aku?" Jleeepp, nangis.. Disini saya tidak bermaksud menyalahkan orang-orang yang berhenti pelayanan, setiap orang punya alasan masing-masing tapi disene kasus saya ingin berhenti pelayanan adalah karena saya bermasalah dengan teman-teman pelayanan saya. 

Kalo dasar pelayanan kita adalah karena kita CINTA sama Tuhan, seharusnya masalah nggak membuat kita berhenti pelayanan. Konflik dengan teman-teman sepelayanan tidak akan membuat kita berhenti pelayanan. Rasa jenuh tidak membuat kita berhenti pelayanan. Tekanan hidup yang semakin berat tidak membuat kita berhenti pelayanan? Why?? Karena mata kita memandang lurus! Lurus memandang Tuhan. Dia yang menjadi dasar kita melayani. Jadi situasi negatif apapun tidak seharusnya menjadikan kita pahit dan berhenti pelayanan. Orang yang jatuh cinta sering dibilang 'gila' karena mo melakukan apapuuun untuk orang yang dicintai, apapun halangan yang merintang terabas ajaaa. Begitu pula dengan kita, meskipun mungkin ada hal-hal yang membuat kita ingin mundur dari pelayanan, ingat bahwa kita melayani karena kita CINTA TUHAN..

2. Meneladani Tuhan Yesus
Siapa teladan utama hidup kita?? Tuhan Yesuuuussss =)
So, apa sih yang dilakukan Tuhan Yesus selama Dia ada di dunia ini?? 
"sama seperti Anak Manusia datang, bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang." (Matius 20:28)

Tuhan Yesus datang ke dunia ini untuk melayani. Dia nggak lahir di lingkungan kerajaan lalu memerintah sebagai raja. Dia datang dengan segala kerendahan hati, di kandang domba, dan hidup menjadi 'hamba' yang melayani.. Tuhan Yesus yang mempunyai hak untuk lahir di lingkungan yang begitu baik, yang punya hak untuk dipuja-puja, memilih untuk melayani. Dalam pelayanan Tuhan Yesus selama 3 1/2 tahun di dunia ini, kita tau bahwa Tuhan Yesus pun mendapat hinaan, cercaan dari orang-orang Farisi dan Saduki. Lantas, apakah Dia menyerah dan berkata, "Udah ahh, Gue stop melayani. Capeeek bow dihina-hina." (bayangan-ku :p) Tapi Dia tetap melayani, sampe Bapa di Surga bilang, "Sudah selesai Nak." baru Dia menyelesaikan pelayanan-Nya di bumi ini.

Hari ini saya diingatkan bahwa apa yang saya alami di youth saya skarang sama skali nggak sebanding dengan apa yang Tuhan Yesus alamin waktu Tuhan melakukan pelayanan-Nya di bumi 2000 tahun yang lalu. Tuhan Yesus sudah memberi teladan yang sangaaad baik 2000 tahun yang lalu, dan sudah sewajarnya saya meneladani apa yang Tuhan Yesus lakukan, tetap bertahan melayani apapun yang terjadi.. 

Buat teman-teman semua (termasuk saya) yang hari ini sedang dalam pertimbangan ingin keluar dari pelayanan karena hal-hal yang negatif, yuuu kita back ke 2 dasar pelayanan ini.. Kita melayani karena kita CINTA sama Tuhan dan karena kita meneladani Tuhan Yesus yang datang tidak sebagai Raja yang dipuja-puja tapi sebagai hamba yang melayani..

*Melayani, Melayani lebih sungguh..
Melayani, Melayani lebih sungguh..
Tuhan lebih dulu melayani kepada-ku..
Melayani, Melayani lebih sungguh..


Senang bisa tergabung dalam komunitas ini dan melayani bersama mereka =)

You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe