Belum Waktunya

22.34

Pekerjaan apa yang paling menyebalkan dan membosankan?? 
Saya rasa sebagian besar orang akan menjawab : MENUNGGU..
Tulisan ini akan saya awali dengan sebuah cerita dari pengalaman saya ngajar les. Terakhir saya ngajar les di sebuah bimbel, saya banyak pegang cukup banyak anak kelas 5 dan 6 sd dan hampir semua sudah punya BB pribadi. Ada 1 anak yang tipe BB-nya sama dengan saya, tapi BB dia itu udah ancur bangeed. Padahal beli-nya duluan saya. BB-nya itu udah lecet-lecet, tutup batere-nya udah mo copot, kulit sampingnya mengelupas. Saya bingung knapa tuhh BB bisa ancur gitu padahal baru beberapa bulan beli. Lalu saya tanya ke dia, tuhh BB diapain bisa nggak berbentuk gituh?? Dia bilang, "Iyaa ci, kalo aku lagi bete, aku banting tuhh BB ke ubin, kalo mama abis marahin aku, aku kan kesel aku banting ajaa tuhh BB." Saya sampe bengong pas denger! Meskipun BB saya ini juga dibeliin Papa tapi saya tetep merawat BB ini dengan baik, yaa jatuh sih pernah tapi nggak pernah disengaja gitu. 

Waktu anak les saya itu cerita, tiba-tiba terlintas impresi di hati saya, "Itu akibat mempunyai sesuatu tapi belum pada waktunya." Yaaa anak SD mungkin udah ngerti kegunaan BB, tapi mereka mungkin nggak pernah mikir bahwa BB itu mahal dan harus dirawat dengan baik. Knapa?? Karena sebenarnya mereka terlalu muda untuk memiliki sebuah BB.. 

There's a RIGHT TIME for Everything
"There's an opportune time to do things, a right time for everything on the earth." (Pengkhotbah 3:1-MSG)

Ayat diatas berkata bahwa ada waktu yang tepat untuk segala sesuatu yang terjadi di bumi. Waktu yang tepat. Waktu yang pas. Dan kapan waktu itu?? Only God knows..

Sebulan terakhir ini, saya ada dalam masa-masa "menunggu" dalam ketidakpastian. Jadwal sidang skripsi yang tak kunjung keluar sehingga membuat saya bingung untuk bikin plan tentang kerjaan, tentang rencana lanjut s2. Pokoknya serba bingung untuk bikin plan ke depan-nya. Saya tidak suka hidup saya berjalan tanpa adanya rencana, tapi sebulan ini, hampir semua rencana yang saya buat gagal, dan digantikan dengan hal-hal baru yang mengejutkan :D 

Well, dalam masa menunggu dalam ketidakpastian ini, saya jadi belajar tentang masa penantian. Saya adalah tipe orang yang suka membuat rencana dalam hal ini dan itu, saya suka semuanya teratur, tapi karena ayat di atas saya jadi ngeh! Okay-lah saya buat rencana ini dan itu dalam hidup saya, tapi kalo itu nggak sesuai sama waktu Tuhan?? Apakah saya akan memaksa Tuhan untuk menyesuaikan waktu-Nya dengan waktu saya?? Padahal Tuhan tau yang terbaik buat saya, dan Tuhan juga tau kapan waktu yang terbaik atas terwujudnya rencana-rencana saya itu.. 

Masa-masa menunggu dan menanti itu bener-bener nggak enak! Saya 'hampir' saja meragukan janji-janji Tuhan atas hidup saya. Saya sempat berpikir, "Ini bakal terjadi nggak sih?? Kapan sihhh?? Jangan-jangan Tuhan batalin lagi.." (penyakit manusia) Saat-saat menunggu itu adalah saat-saat dimana kepercayaan kita diuji, Apakah kita tetap percaya bahwa Tuhan akan menggenapi janji-Nya atau kita mulai meragukan janji Tuhan dan 'kabur' dari waktu-Nya Tuhan?? 

Percaya-lah teman-teman bahwa Tuhan kita ini luar biasa, Dia nggak mungkin 'lupa' akan janji-Nya pada kita. Waktu Tuhan berjanji, Dia sendiri akan ber-komitmen untuk menggenapi janji Tuhan atas hidup kita asalkan kita setia dalam proses-Nya Tuhan. Kapan proses-Nya Tuhan itu berlangsung?? Yaa dalam masa-masa menunggu ini, bagaimana respon hati kita, bagaimana sikap kita.Tuhan liat itu semua. Dan ketika kita siaaaaap, Tuhan pasti akan menggenapi janji-Nya atas hidup kita. 

Jangan pernah memaksa Tuhan untuk mempercepat rencana-Nya atas hidup kita. Dia mengenal kita jauuuh daripada kita mengenal diri kita sendiri. Kalo kita mempercepat rencana Tuhan, bisa saja kita seperti anak les saya itu yang tidak merawat BB-nya dengan baik. Misalnya, sebenernya kita belum siap untuk punya pacar, tapi kita memaksa untuk punya pacar sekarang, bisa ajaa tuhh pacar kita diperlakukan semena-mena oleh kita. Atau contoh lain, mungkin Tuhan pernah berjanji bahwa kita akan naik jabatan, tapi waktu demi waktu berlalu, kita nggak naik-naik jabatannya, itu karena Tuhan tau, kalo kita naik jabatan sekarang, mungkin saja kita akan jadi sombong, mempergunakan harta kita dengan sembarangan dan ujung-ujungNya nggak mempermuliakan Tuhan dehh.. God's timing is the PERFECT one..

"He hath made every thing beautiful in his time" (Pengkhotbah 3:11a-KJV)
Percayakanlah hidup kita kepada Tuhan yang mengetahui waktu yang tepat dan terbaik buat kita. Percayalah pada Tuhan dengan sepenuh hati, percayalah bahwa kalo sekarang belum terjadi sekaran, itu karena Tuhan tau, we are not ready yet. Percayalah bahwa Tuhan sanggup membuat semuanya indah pada waktu-Nya. Jangan mempercepat waktu Tuhan karena kita nanti janji Tuhan itu nggak lagi indah. Kita nggak akan mampu menyelami pekerjaan Tuhan, tugas kita adalah menanti dengan sabar, tetap tenang, banyak berdoa, dan menguatkan kepercayaan kita kepada Tuhan. Percayalah bahwa masa-masa penantian itu indah, meskipun kita melaluinya dengan 'sakit' tapi hasil dari penantian itu pasti indah.. 

You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe