Apa Tujuan Hidup-mu??

14.43

Skarang yougunZa setiap hari selasa ada mentoring dengan Ko Pohan. Jadi Ko Pohan itu salah satu drummer di rayon 1C enn dia skarang jadi mentor YougunZa.. Setiap selasa kita ada pertemuan dengan dia, biasanya sekitar 1 1/2 jam-2jam.. Pertemuannya santaai bangeed tapii so fun.. Ada 3 rules, yaitu SERIUS-SANTAI-SENANG.. Okaayy nggak usah panjang lebaar mari kitaa mulai materi mentoring hari iniii..


Mentoring Pertemuan ke-2 (05-04-11)

Materi mentoring hari ini, temanya "TUJUAN HIDUP".. Di awal pertemuan, kita masing-masing share tentang apa yang menjadi tujuan hidup kita. Jawabannya macem-macem, ada yang di bidang misi, ada yang di bidang pendidikan, ada yang mo jadi dampak, ada yang mo jadi artis, dsb.. Nggak ada yang salah dengan ituu semua, hanya saja kita harus taoo sebenernya tujuan apaa yang ditetapkan Tuhan untuk kita, supaya kita nggak salah melangkah..

Berfirmanlah Allah : Baiklah Kita menjadikan manusia seturut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi, dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." (Kejadian 1:26)

Kata supaya berarti tujuan.. Pada awal Tuhan menciptakan kita,  Tuhan mempunyai tujuan supaya kita berkuasa atas bumi.. Berkuasa seperti apaa maksudnya?? Mari kita lihat ayat yang lainn..

"Dan malam tidak akan ada lagi di sana, dan mereka tidak memerlukan cahaya lampu dan cahaya matahari, sebab Tuhan Allah akan menerangi mereka, dan mereka akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya." (Wahyu 22:5)

Raja disini memakai huruf kecil, yaitu kita.. Kita diciptakan Tuhan dengan sebuah tujuan yaitu menjadi raja.. DNA kita adalah DNA raja. Raja itu menguasai sesuatu. Yang dimaksud dengan menguasai disene bukan berarti kita harus jadi presiden.. Yang dimaksud dengan menguasai disene adalah kita harus menguasai apa yang kita kerjakan.. Ko Pohan menyempitkan kata menguasai pada 2 bidang saja, yang pertama Pekerjaan, dan yang kedua Pelayanan.. 

1. Pekerjaan
Pekerjaan apakah yang kita kerjakan skarang?? Apakah pekerjaan yang kita lakuin sekarang udah sesuai dengan apa yang Tuhan taruh di hati?? Apakah kita seneng melakukan pekerjaan ini?? Apakah kita sudah menguasai pekerjaan kita? Ini penting karena kita pun harus menjadi raja dalam pekerjaan kita. Menjadi raja bukan berarti kita harus menjadi boss, kalo kita bisa menjadi dampak dalam pekerjaan kita seperti nasehat kita-lah yang paling ditunggu dalam mengambil keputusan itu sudah berarti kita menjadi raja atas pekerjaan kita. 

2. Pelayanan
Di bidang apa kita melayani sekarang?? Apakah kita sudah menguasai bidang kita melayani?? Mulai temukan dimana Tuhan taruh kita untuk melayani, kapasitas apaa yang Tuhan berikan sehingga kita bisa maksimal di bidang itu.. 

Bagaimana kita tauu apakah kita sekarang sudah berjalan sesuai dengan kapasitas dan talenta kitaa??
1. Latar Belakang Keluarga
Kita tidak bisa memilih kita akan dilahirkan di keluarga seperti apa, di negara apa, dengan suku apaa.. Kita tidak bisa memilih hal-hal seperti ituu.. Kita sendiri tidak perlu menyesali kita berasal dari keluarga mana, karena meskipun di mata kita itu seperti sesuatu yang buruk, namun Tuhan bisa memakai itu untuk mempersiapkan kita untuk memenuhi tujuan-Nya di muka bumi ini..

2. Masa Lalu kita
Apa yang kita pernah alami di masa lalu juga turut serta membentuk kita di masa sekarang.. Seperti contohnya Daud, Daud sebelum menjadi Raja Israel, dia hanyalah seorang gembala domba. Domba yang digembalakannya pun hanyalah 2-3 ekor tapi Daud menjaganya dengan sangat baik, apabila ada singa yang ingin mengganggu dombanya, dia mengusir singa itu. Proses hidup Daud tidak sampai disitu saja, dia dikejar-kejar Saul karena ingin dibunuh. Namun kita lihat, Daud menjadi raja sampai akhir hidupnya. Segala hal yang terjadi di masa lalu-nya turut membentuk dia untuk menjadi raja yang sukses..
Setiap kita pasti ada yang punya masa lalu yang mungkin menyakitkan, jangan pernah menyesali hal itu. Ingaad Tuhan turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan. Contohnya gue nehh, gue pernah jatoh dalam persahabatan yang nggak sehat, nahh gue sempet menyesali kenapa gue begitu bodoh di masa lalu, tapi sekarang gue sadar. Tuhan kirimkan orang-orang yang punya kasus yang sama dengan gue dulu, sehingga gue bisa share ke mereka bagaimana proses gue bangkit sampai akhirnya gue bisa menang.. 

Ko Pohan sempet membahas ini, kita pasti sering menemui kasus dimana kita sekolah atau kuliah tidak seperti apa yang kita mo. Atau ternyata setelah kita menjalani, kita taoo bahwa ternyata kesukaan kita bukan di bidang itu, atau ternyata yang kita ambil sekarang beda dengan apa yang Tuhan taruh di hati kita. Sebagai contoh gue lagii dehh, gue kuliah jurusan ilmu komputer tapii di semester 5 gue baru sadaar bahwa passion gue, talenta gue bukan di bidang ituu.. Telaat bangeed kan yaa?? Tapii don't worry, itu menjadi salah satu rencana Tuhan untuk membentuk dan mempersiapkan gue di masa depaan.. 

Mentoring hari ini ditutup dengan sebuah cerita yang sungguh menggugah hati gue..

Suatu hari, seorang pelatih tenis meja Cina diwawancara, jika ada seorang atlit tenis meja yang punya teknik smash yang bagus tapi tekniik backhand-nya kurang, apa yang akan anda lakukan?? Pasti yang ada di pikiran kita adalah, kita harus melatih teknik backhand-nya sehingga kemampuan-nya seimbang dengan teknik smash nya. Iyaa bukan??

Namun, si pelatih itu menjawab.. Saya akan melatih teknik smash-nya lebih lagi dan akan melupakan teknik backhand-nya. Karena ketika teknik smash-nya semakin baik, maka lawannya akan semakin sulit melawan smash-nya. Bukan masalah ketika dia gagal sekali/dua kali dalam backhand tapi ketika dia smash, tidak ada lawan yang mampu melawannya.. 

Got the point?? Kalo si pelatih melatih teknik backhand-nya, kemampuan backhand-nya akan meningkat maksimal setara dengan kemampuan smash-nya. Tapi ketika saya melatih kemampuan smash-nya, kemampuan itu akan meningkat dan terus meningkat sampai tidak ada orang yang mampu membalas smash tersebut..

Dari cerita ini, gue dapet 1 point.. Bidang apaa yang kita kuasai?? Bidang apa yang menjadi passion kita? Bidang apa yang Tuhan taruh di hati kita?? Latihh terus, kembangkan terus sampai kita sudah benar-benar menguasainya. Sebagai contoh, kalo kita bisa menari dan menyanyi, namun kemampuan menyanyi kita lebih excellent daripada kemampuan menari kita. Latihlah vokal kita, teruslah kembangkan kemampuan kita menyanyi sampai kita menjadi raja di bidang kita itu.. Got the point friends??hehe.. Ingeed DNA kita adalah sebagai raja, so apapun yang kita lakukan, jadi-lah raja, kuasain hal itu, dan jangan pernah menyesali apa yang terjadi di blakang kita. Masa lalu kita adalah masa-masa persiapan kita untuk menjadi raja di masa kini dan masa depan..

*kalo kurang jelas bisa tnya langsung.hahaa.. It was my mistake, nggak nyatet, jadii bubar smuaaa.. :p"



You Might Also Like

1 komentar

  1. inspiring Kes!!! menguatkan gw buat terus melatih lagi bidang n passion yg gw suka hohoho :D

    BalasHapus

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe