UBER - Everyone's Private Driver

15.31


Setelah kemarin gue mencoba Go-Jek, kali ini giliran mencoba tranportasi roda empat yaitu, Uber.


Sebenernya udah sering denger tentang Uber Taxi ini, tapi gue baru kemarin ini berhasil dapet dan menikmati Uber. Jadi, Uber adalah perusahaan taksi tapi kendaraannya bukan taksi pada umumnya. Uber menggunakan kendaraan ber-plat hitam. Gue mau menceritakan pengalaman pertama gue yang menyenangkan menggunakan Uber Taxi.

Seru-nya Uber : 
1. Registrasi Mudah dan bisa langsung pesan 
For me, aplikasi Uber yang bisa di-download secara free di 3 platform hp (android, ios dan windows) cukup user friendly dan mudah digunakan. Setelah membuat account di Uber, kita bisa langsung melakukan pemesanan. Sayangnya, semua pembayaran Uber Taxi harus menggunakan kartu kredit tidak bisa menggunakan uang tunai.
2. Ada Estimasi Ongkos 
Kalau kita naik taksi biasa kan kita suka deg-degan gituh harus bayar berapa, nahh enaknya naik Uber dari awal kita udah tau kisaran harga yang harus kita bayar (walaupun nggak selalu exact yaa, tapi at least ada gambaran lah yaa)

at the end tarif saya ternyata : Rp 37.000

3. Kalau dalam perjalanan kita akan naik tol, kita tidak perlu bayar lagi.
Setiap perjalanan menggunakan Uber dan yang akan lewat jalan tol, kita tidak perlu membayar lagi karena sudah termasuk dalam tarif perjalanan kita. Kita hanya perlu membayar biaya parkir jika kita mampir ke suatu tempat.
4. Tarif yang relatif lebih murah
Uber menyediakan 2 jenis kendaraan, yaitu UberX dan Uber Black. Perbedaannya terletak pada jenis kendaraan dan tentu saja tarif yang dikenakan. Biasanya kita akan menemui mobil Avanza atau Xenia di UberX, namun dengan Uber Black penumpang mungkin saja mendapatkan Camry, Honda Jazz atau bahkan Alphard. Tarif awal pada UberX adalah Rp 3500 sementara pada Uber Black Rp 8500. Untuk biaya per-km nya gue lupa tapi yang jelas overall Uber lebih murah dari taksi biasa.
5. Ada Invoice
Buat yang sering melakukan perjalanan dinas dengan menggunakan taksi, di Uber enak bangeet nih karena setelah kita menggunakan Uber, dengan otomatis kita akan mendapatkan invoice di inbox email kita. Tinggal print dan re-imburse ke kantor deh.



Ohh yaa ternyata, kita bisa sewa Uber nggak Cuma dalem kota loh, misalnya kita mau ke Bogor atau Bandung (pulang hari), kita bisa sewa Uber dan selama perjalanan si supir tidak mematikan argo. Jadi buat yang lagi ada urusan Cuma sehari ke luar kota seperti Bogor atau Bandung, Uber bisa dijadikan alternatif. 

Yang masih perlu di improve : 
1. Armada masih sedikit
Beberapa waktu lalu gue pernah mau naik Uber dari rumah gue ke kantor, tapi coba berkali-kali nggak pernah dapet. Jadi daerah jangkauan Uber ini agak sulit jika di komplek perumahan, tapi kalau kita cari di daerah protokol akan lebih mudah.
2. Ada kenaikan tarif mendadak
Jika dalam kawasan anda memesan banyak yang mau pake Uber dan jumlah kendaraan sedikit maka akan ada kemungkinan kenaikan tarif. Oleh karena itu biasakan selalu cek fare estimate sebelum request. 

seperti ini tampilan jika ada kenaikan tarif dari Uber.

3. Sepertinya belum menjadi Publik Transportasi yang sah
Nah ini yang masih menjadi perbincangan. Uber masih menggunakan mobil dengan plat hitam yang notabene bukan mobil untuk publik transportasi. (bisa gugling untuk info lebih lanjut).

Aman nggak sih naik Uber?
Well, ini relatif. Menurut gue cukup aman, karena ketika kita memesan taksi dan dikonfirmasi bahwa kita mendapatkan supir, disana langsung tertera nama supir, foto supir, jenis mobil dan no plat mobil. Jika yang datang menjemput tidak sesuai dengan informasi yang tertera pada aplikasi langsung batalkan saja. Jadi menurut gue lebih aman daripada kita naik taksi yang stop-in langsung di pinggir jalan. 
Tapi ada yang bilang juga naik Uber nggak aman karena itu kan bukan kendaraan transportasi yang sah. 

The Last....
Buat yang mau menggunakan Uber, silahkan masukkan kode gue : 

keziam24ue

and you will get Rp 75.000 langsung!! Trus misalnya di perjalanan pertama baru kepake Rp 30.000 yaa berarti kalian masih punya kredit Rp 45.000 buat perjalanan berikutnya. Asiiikk tohh?? :p

note :
ini bukan posting berbayar, dibuat dalam keadaan sadar 100% karena very satisfied with Uber.

Hope you can enjoy your trip with U B E R.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Kok gua mau mesen uber di bogor susah ya? Masa ke jalan raya dulu min
    Daerah gua Cilebut,Bogor infonya dong min thanks

    BalasHapus
  2. Iya nih mo nyoba naek uber dr salabenda ke gambir, memungkinkan tidak?

    BalasHapus
  3. Coba bantu jawab yak.. Kebetulan jd drivernya.. Bogor itungannya ga banyak sih dbanding jkt.. Apalagi di pinggiran gt.. Kebetulan kmrn ke daerah dramaga,salabenda dapet yg narik dia jg ngeluhin hal yg sama susah dpt uber.. Kalo antar kota setau gue ya emg bisa..cmiiw

    BalasHapus

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe