Cerita Thesis : Unfinished Proposal

22.20

Ennn this is another story of my thesis journey..


Seminggu terakhir ini gue sih super stress lohh. Sungguh.. Jadi tanggal 11 Mei kemarin itu deadline proposal thesis, kita harus kumpulin dari bab 1-3 lalu ada sidang pre-defense. Gue itu tipikal orang yang nggak suka kumpul sesuatu on deadline. Dulu waktu skripsi S1 juga gtuh, misalnya deadline dari kampus tanggal 10, gue akan buat deadline untuk gue pribadi tanggal 7 atau tanggal 8. WHY?? Untuk mengantisipasi kalo (amit-amit) ada salah, enn dulu kampus gue tuh mahasiswa-nya super banyak, kalo gue ngumpulin di hari deadline tukang fotocopy rame-nya ampun-ampunan.. Begitu juga dengan ini, kebetulan tanggal 11 Mei sahabat gue ulang tahun, gue berencana untuk dateng ke rumah dia pagi-pagi buat ngerayain, so gue buat deadline thesis tanggal 10 Mei. Tapi ternyata rencana cuma rencana, batal semuaaaa!!

Gue jujur mengakui bahwa proposal yang gue buat nggak bagus-bagus bangeed, well, belum bisa memenuhi ekspetasi dosen pembimbing gue. Ternyata dospem gue ini orang-nya detail enn perfeksionis. Gue tuhh sampe stress bangeeed, jujur gue ngerasa bodoh bangeed.. Gue harus banyakin referensi dari jurnal, jurnal itu bahasa inggris dan gue merasa sangat kesulitan buat baca itu semuaaa.. Hufftt!!

Puncaknya itu ada di hari jumat, gue dateng ke kampus buat kerjain proposal thesis. Gue telpon dosen gue, doi bilang 'Kez, seems like impossible for you to submit proposal tommorow. you should ask student service how to postpone it.' Gue udah hopeless bangeed lohh. Sedih bangeed rasanya pas denger itu, daaan akhirnya gue nangis di perpus!! wahahahahaa. sekarang sihh bisa ketawa yaaa, tapi kemarin itu yaa bener-bener sedih.. Gue ngerasa koq thesis gue susah bangeeed.. 

Ini foto abis telpon dospem gue. Lihat muka gue yang nggak karuan itu. Gue tuh kalo ke kampus biasanya dandan, tapi hari itu gue nggak ada napsu-nya buat dandan. Maka-nya berantakan bangeeed!hahaha.

Akhirnya gue tanya ke student service apakah bisa gue tunda pengumpulan proposal thesis. Mereka bilang bisa tapi gue harus mengajukan surat pengunduran proposal ke head of school jurusan gue.. Atau option 2 adalah gue kumpul proposal thesis tapi gue bikin revisi dan nanti proposal yang sudah gue kasih akan ditarik kembali. Saat itu ego gue mulai keluar.. Gue ngotot bangeed pengen kumpul tanggal 11, apalagi tanggal 13-17 nanti gue ikut Empower 21, gue mo ikut tanpa harus mikirin thesis. Gue tuh doa sampe kaya maksa Tuhan. Tuhan tolong supaya bisa kumpul besok! That was my prayer.. 

Hari sabtu, gue ketemu dosen gue jam 1 siang di daerah Semanggi. Beliau bilang proposal gue masih harus banyak revisi, jadi kalopun gue kumpul hari itu gue tetep harus kerjain revisi-nya dan menarik proposal yang awal. Gue akhirnya kekeh bilang mo kumpul hari itu juga dan nanti memberikan revisi yang baru. Setelah itu gue langsung cabut ke kampus gue, di daerah Senayan. Sampe kampus jam setengah 2 siang, deadline kumpul jam 3. Well dan ternyata gue belum bikin daftar pustaka dan daftar isi! Gue akhirnya mikir, apa gue ajuin surat mundur ajaa yaa, toh nanti harus kirim revisian lagi. Tapi ego gue bilang, "nggak! gue harus kumpul hari ini." Akhirnya gue ngebut bikin dan ke tukang fotocopy buat nge-jilid. FYI, ini nge-jilidnya bukan yang biasa, pake tinta emas gtuh enn muahaaal!!

Setelah jilid selesai, gue kumpul proposal gue ke student service. Gue menceritakan bagaimana kondisi gue, dan mereka bilang gue harus kumpul revisi-an lagi dengan format yang sama dan 4 jilid. Proposal yang gue taruh akan ditarik. Lalu gue jadi nyeseeeellll.. Nyesel karena gue mempertahankan ego gue yang nggak bener. Gue jadi sadar bahwa gue kumpul proposal kemarin buat pride gue doank, biar kalo ditanya temen-temen "Udah kumpul proposal lum kez??" Gue bisa jawab "Udah donk!" Kan gengsi kalo ditanya tapi jawabnya belum, nanti pasti ditanya-tanya kenapa belum kumpul bla bla.. Nahh yaa kezia, makan dahh gengsi itu.. 

Yang bikin gue nyesel yaa jujur soal biaya-nya. Mahaaal coyyyy!! Gue kemarin abis 120rbu. Dan beberapa hari lagi gue akan mencetak 4 jilid proposal dengan tinta emas yang sama dan gue akan keluar sejumlah uang yang kurang lebih sama. Itu semua karena ego gue (yang nggak bener) dan gengsi.. Tuhan tuhh baik, hari jumat itu gue doa maksa, Tuhaaan tolooong kezia mo kumpul proposal besook, tolong Tuhan toloooong. Apa bukti kalo Tuhan baik?? Yaaa dikabulin kan tuh, gue tetep kumpul pas deadline. 

Nohh jilid tinta emas yang bikin mahal!

Fyuuuuhhhh yaaasudahhlahh, menyesal tiada guna. Udah kumpul juga, mo nyesel sampe gimanapun juga nggak bisa mengulangi waktu. Lebih baik dijadikan pelajaran bahwa nggak semua yang menurut kita baik itu menurut Tuhan juga baik. Jujur yaaa, hari jumat kemarin gue sama sekali nggak tenang. Gue berdoa bukan buat dengerin Tuhan tapi buat nuntut Tuhan, gue nggak peduli Tuhan ngomong apa, gue cuma mo kumpul proposal hari sabtu! That's all i want!! 

Emang bener yaa ayat yang bilang 'Jadilah tenang supaya kamu dapat berdoa.' Kalo gue boleh tambahin, 'Jadilah tenang supaya kamu dapat berdoa dan mendengar suara Tuhan, mendengar apa yang Tuhan mau, bukan memaksakan apa yang kita mau.' 

Terima kasih Tuhan.. Bahkan di saat-saat kezia under pressure-pun Tuhan tetep ada bersama kezia..

Sesungguhnya, aku tidak mengerjakan thesis ini sendirian. Secara fisik aku memang sendirian, tapi aku tauu bahwa Tuhan slalu ada bersamaku..

Sorry buat readers and bloggers kalo cerita gue akhir-akhir ini tentang thesis mulu..hehehe.. 

Daaann...
barusan dateng email dari dospem gue. Revisinya buanyaaaak bowww!! Mareeeee..  

You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe