Cerita Thesis : Mujizat Pertama

23.56

Ini cerita tentang thesis. Sebenernya kejadiannya udah lama tapi baru terpikir buat nulis sekarang.hehehe. So here it is. 

Temen-temen coba baca cerita gue tentang thesis disini , kalian bisa tau kalo gue pilih thesis tipe 'Research' karena gue sendirian. Gue juga udah kumpul outline thesis ke kampus dan topik yang gue ajukan sudah di approve.  Nahh ada salah 1 mata kuliah namanya 'Business Ethic', di pertemuan terakhir kita ada group project untuk membuat Creating Shared Value (CSV-coba di googling biar tau itu mahluk darimana) pada sebuah perusahaan secara random. Kelompok gue memilih industri media dan memilih sebuah majalah anak yang namanya majalah A. Nggak disangka dosen gue suka bangeeed sama hasil dari kelompok gue enn dia bilang, "ini bisa dilanjutin jadi thesis nih. Ada yang mau nggak dari kalian?? Nanti saya bimbing." 

Kebetulan temen yang lain di kelompok gue pada thesis ber3-an (business plan) cuma gue doank yang sendirian. Akhirnya gue memberanikan diri buat bilang ke dosen gue itu bahwa gue berminat untuk melanjutkan tugas akhir itu ke thesis. Tapi ada sebuah kekurangan yaitu gue cuma sendirian. Kalo gue ambil topik itu, tipe thesis gue berubah dari research menjadi consulting project dmana syaratnya harus ber-2. Dosen gue bilang coba ajuin ke kampus bisa nggak kalo consulting project tapi cuma gue sendiri, beliau menganjurkan gue untuk ketemu beberapa petinggi kampus untuk urusin hal ini. 

Besoknya, gue coba telpon dulu dan bilang bahwa gue mo ganti tipe thesis, kira-kira gue harus ngomong sama siapa dsb. Ehh gue disuruh kirim email ajaa, yaaudah gue kirim sekalian gue minta waktu untuk ketemu. Daaaan surprise-nya adalah perpindahan thesis gue dari research ke consulting project di APPROVE tanpa gue harus dateng ke kampus enn ketemu dengan Bapak Ibu petinggi kampus yang super sibuk! sebenernya mereka mengajukan syarat minimal IP, pujiTuhan gue bisa memenuhi syarat itu.. SAH! 

Next step.. 
Setelah urusan di kampus selesai, gue harus urus ke majalah A donk. Izin apakah gue boleh melakukan consulting project disana. Gue menghubungi majalah A dan diminta untuk mengirimkan surat dari kampus via fax, cuma gue pikir kalo gue dateng langsung gue bisa jelasin lebih detail mengenai topik thesis gue. Akhirnya Kamis tanggal 21 Maret gue dateng ke majalah A, ketemu sekertaris redaksinya dan gue nggak sempet jelasin apa-apa, diminta untuk tunggu kabar dari dia. Hari Senin-nya tanggal 18 Maret gue dapet telpon, katanya gue akan dioper ke bagian Marketing karena thesis gue lebih berhubungan ke divisi marketing. Gue telpon ke divisi Marketing, diminta untuk ke HRD dulu, kalo udah dapet surat pengantar dari HRD baru bisa. 

Gue harus pesen surat lagi ke kampus dan itu butuh waktu 3 hari X_X Akhirnya gue beraniin diri untuk pesen surat pengantar by email! di email itu gue tulis kurang lebih seperti ini, 'Pak, saya butuh surat pengantar dari kampus untuk majalah A, tapi rumah saya jauh pak dari kampus. Boleh nggak kalo saya request by email?" daaan dijawab : BOLEH! hahahaha. Trus surat yang harusnya 3 hari baru jadi, bisa jadi dalam 1 hari doank.. God's Grace..

Hari kamis, 28 Maret gue pergi lagi ke Majalah A untuk anter surat ke bagian HRD. I did mistake sih sebenernya, gue tuh sempet bilang ke bagian HRD, "Pak kalo bisa jangan lama-lama yaa kabarinnya." daan bagian HRD langsung bilang, "Yaah saya usahakan tapi kamu juga nggak bisa bilang jangan lama-lama, kita kan nggak ngurusin kamu doank bla bla bla.." Gue sempet nyalahin diri gue sendiri sih, kenapa bisa mengeluarkan statement bodoh macam itu. Sampe stress sendiri enn pulangnya maksa Riri buat temenin nonton.haha..

Rabu, 3 April gue telpon ke bagian HRD-nya untuk menanyakan progress thesis gue apakah diperbolehkan atau tidak. Respon yang gue dapet cukup mengejutkan sih, HRD-nya nggak inget gue yang mana..hahaha. Gue sempet kesel sebenernya, tapi di sisi lain gue juga ngerti karena ini kan perusahaan besar, mereka kan nggak cuma urusin gue doank. Gue memutuskan untuk dateng langsung besoknya. Rabu malem itu gue stress bangeed, temen-temen gue tuh udah pada mulai thesis, udah mulai bimbingan, lahh gue?? Dapet kepastian aja belum. Gue mulai memikirkan alternatif-alternatif kalo gue nggak ketrima di majalah A. Ntahh mengapa malam itu gue pesimis bangeed, gue cuma berdoa, 'Tuhan besok hari terakhir aku kesana. Kalo besok masih belum dapet kepastian, masih dioper kanan kiri, aku mundur dan akan cari perusahaan lain.' Padahal kalo bener-bener ditolak gue bisa stress super tuhh, mo kemana lagi coba, secara gue belum kerja gini. Yaaudahhlahh, let His will be done. Gue tidur.. 

Sampai-nya di majalah A, gue ketemu dengan HRD. Gue nunggu cukup lama tuhh, sekitar 1 jam baru ketemu. Pas ketemu, gue disuruh nunggu lagi, gue dahh mikir tuhh kan dioper-oper lagi kan kan kan.. Akhirnya gue diminta ketemu dengan seorang Ibu. Gue menceritakan-lah gambaran besar thesis gue akan seperti apa nanti, yang gue butuhin apa dsb. Si Ibu itu kasih gue kartu nama supaya gue lebih mudah menghubungi beliau, dan waktu gue liat kartu namanya, ternyata dan ternyata gue ngomong dengan EDITOR IN CHIEF bowww!! Yaa pastinya dia tau buanyak hal tentang majalah itu. Beliau juga welcome bangeed sama gue, bahkan gue boleh minta ini dan itu by email. Di kunjungan ke-2 gue dikasih 2 buku gituh sama dia. Weleehh sebagai seorang kutu buku, dikasih buku gretong itu sueneeng bangeeed.hahaha. 

Pulang dari majalah A, gue cuma bilang 'terima kasih Tuhan' berkali-kali dan gue masih merasa ucapan terima kasih yang keluar dari hati gue itu nggak cukup menggambarkan betapa gue bersyukur dan terheran-heran sama Dia. Gue sampe geleng-geleng kepala sendiri, kalo Tuhan udah buka jalan, nggak ada yang bisa menduga jalannya kaya gimana. Pertolongan Tuhan tuhh nggak pernah terlambat, kadang emang agak mepet sih datengnya, tapi nggak akan terlambat! 

Gue memutuskan untuk menulis ini sekarang karena gue sekarang lagi cukup mabok sama thesis gue. Ternyata susyeeehh boww, ada sebuah buku yang gue baca, itu inggrisnya susaah bangeeed. Butuh effort yang luar biasa buat gue ngerti isi tuh buku. (kalo ada yang lagi nganggur trus mo bantu translate, call me yaa.hahaha) Tapi gue percaya bahwa gue pasti bisa selesain thesis ini meskipun susah. Tuhan udah bukain pintu mujizat yang pertama buat gue, dan Dia pasti akan memberikan kejutan-kejutan lain. Gue harus berusaha lebih keras, untuk menghargai mujizat thesis yang pertama ini =)

'A healthy spirit conquers adversity, but what can you do when the spirit is crushed?' Provebs 18:14 MSG

SEMANGAAAD KEZIAAA!! HAP HAP HAPP!!
*nyemangatin diri sendiri* :p 

You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe