It's only by HIS Grace

22.06

Tanggal 10 Maret kemarin menjadi salah satu hari bersejarah dalam hidup saya yang akan saya kenang sepanjang hidup saya. 1 tahun, 5 tahun atau bahkan puluhan tahun sejak tahun ini, ketika saya ingaat tanggal 10 Maret 2012, yang saya akan ingat adalah hari itu adalah hari dimana saya melihat God's Grace secara nyata dalam hidup saya.. (watch out : cerita ini agak panjang :p)

Yaa, tanggal 10 Maret kemarin saya dan 2 partner skripsi saya sidang. Kami ber-3 mulai berdoa untuk sidang ini sejak kami kumpul softcover skripsi tanggal 26 Januari 2012. Saya bilang ke 2 teman saya, David dan Echa, supaya kami dapat jadwal sidang terbaik dan dosen penguji yang terbaik. Saya nggak tauu sih doa pribadi apa yang mereka minta ke Tuhan, tapi saya pribadi, saya berdoa minta 2 itu pluuus saya juga minta kalo boleh nggak mo sidang hari Sabtu di shift terakhir (jam1-5sore). Dalam seminggu saya juga mengambil hari-hari khusus untuk puasa buat sidang skripsi ini..

Sebulan berlalu, teman-teman saya satu per-satu mulai sidang, ada yang lulus tapi ada juga yang belum lulus dan harus mengikuti sidang ke-2. Dan mendengar beberapa dosen yang killer dan 'susah lulus' kalo diuji oleh dosen-dosen ini. Saya berdoa makin kencaaaang.hahaha. "Tuhaan tolong jangan sampe dapet dosen killer."
Saya cerita sama mama saya, ada 2 dosen killer yang saya takutin, dan saya bilang ke mama juga tolong doain biar nggak dapet mereka yang uji. Tapi saya ingat perkataan Mama saya waktu itu, "Tenang ajaa Kez, mo siapapun yang nguji kamu, kita doain ajaa dari sekarang (sekitar 3 minggu yang lalu), kita menangin dari alam roh-nya. Doain ajaa, supaya ketika dia nguji kamu, dia nggak berani berbuat nggak adil karena kita udah doain." Bahhhhh, waktu mama saya bilang gitu, spirit saya langsung POOOLLLL.... Saya langsung ganti doa saya, "Tuhan, kezia percaya setiap dosen yang Tuhan beri untuk menguji kezia, itu yang terbaik dari Tuhan." =)

Hari jumat, 2 Maret kemarin, muncul-lah di Binusmaya jadwal sidang saya. 10 Maret 2012.. Saya langsung panik cari kalender dan begitu liat, taraaaaaa.. Hari SABTU boowwww! Jam 1-5 sore pulaaak! Waktu saya tau itu, saya langsung takut, tangan saya gemeteran. Gemeterannya itu sampe bikin saya nggak bisa ngetik BB.hahaha. Saya kasih tau temen-temen deket saya, saya ceritain ketakutan saya, dan saya tau hari sabtu jam 1-5 itu jadwal praktek dosen-dosen killer itu. Selama seminggu saya berdoa sungguh-sungguh buat sidang saya, saya berdoa terutama untuk dosen penguji, saya bilang, "Tuhan, beri Roh takut akan Tuhan buat setiap dosen yang nguji nanti, biar mereka nggak brani berbuat nggak adil." Saya tengking-tengkingin tuhh setiap roh kebanggaan diri, roh kesombongan, roh ketidakadilan. Gahar-nya keluar.hahaha. 

Selama seminggu kemarin dari keluarnya pengumuman sampe waktu sidang saya, setiap hari saya berdoa dan belajar juga donk tentunya :D saya membangun iman saya setiap hari lewat ayat-ayat di Alkitab, sampe saya tempel beberapa ayat yang membangun iman di lemari. Setiap hari saya bangun saya baca itu. Salah satu ayat favorit saya adalah ketika Daud melawan Goliat. Saya umpamakan saya ini Daud yang akan menghadapi Goliat yang tidak tau sebrapa besar-nya. Waktu itu Daud bilang, "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu." Jadi saya perkatakan dengan iman, siapapun dosen yang menguji saya nanti, sebrapapun killer-nya dia, saya tidak perlu takut, karena saya tau bahwa Tuhan beserta saya.. Imanuel..

Sejak H-1 sidang, ntahh mengapa saya seperti tergerak menulis, "Tomorow we will see God's Grace upon us." Saya merasa bahwa besok ada anugrah Tuhan yang khusus buat saya. Hari H tiba.. Dan ketika saya datang ke ruangan saya, saya melihat ternyata yang menguji saya, salah satunya adalah dosen killer yang saya takutin kemarin! Wohhh, pas liat itu saya shock juga lohh. Tapi pujiTuhan-nya saya tetap tenang. Kelompok saya dapet giliran ke-2 disidang, padahal saya pengen dapet giliran pertama, tapi it's ok. Saya pake waktu menunggu saya untuk belajar kembali sambil berdoa. Saya mulai perkatakan ayat-ayat Firtu yang membuat iman saya bangkit. Akhirnya tibalah giliran kelompok saya maju (14.20). Saya diminta oleh dosen penguji untuk presentasi, setelah presentasi tiba saatnya kami diajukan pertanyaan. Dari pertanyaan yang diajukan kepada saya, jujur, saya lebih banyak nggak bisa jawab daripada bisa jawabnya, bahkan ada pertanyaan yang saking saya lama mikir dosen-nya langsung oper pertanyaan itu ke temen saya. Sidang yang saya lalui tergolong sebentar, sekitar 50 menit. Keluar dari ruang sidang, saya diem. Kata temen saya si Lulan muka saya pucet.hehehe. Saya takut.. 

Saya duduk di samping Echa dan Lulan. Saya bilang, kalo saya takut karena saya nggak gitu bisa jawab pertanyaan yang diajukan. Saya tenang tapi juga takut, jujur saya takut nggak lulus, karena saya tau seberapa tinggi standart lulus oleh dosen penguji ini. Saya bilang sama Echa, temen skripsi saya, saya bilang, "Yang berkuasa kasih kita nilai itu Tuhan, bukan dia. Kalo Tuhan bilang kita lulus, kita pasti lulus, nggak mungkin ada manusia yang mengagalkannya." Saya langsung telpon Mama saya, dengan suara mo nangis, "Ma, kez takut, tadi nggak bisa jawab pertanyaan. Gmana nihhh..!?!!" Mama saya jawab, "Udah tenaang ajaaa, kan kita udah doain, bukan dia koqq yang berkuasa tentuin nilai, yang berkuasa itu Tuhan." Saya jadi lebih tenang. 

Saya langsung ngacir ke wc, di wc saya bilang, "Tuhan, kez tau, kalo mo ikutin standart, kez kayanya nggak lulus. Wong jawab juga cuma dikit, banyak pertanyaan miss. Tuhan gmana ini??" Saat itu Tuhan cuma bilang di dalam hati saya, "Kasih karunia-Ku cukup bagimu." Langsung saya AMIN-kan :D

Tiba-lah saatnya kami masuk, kami berbaris per-kelompok. Salah satu dosen bilang bahwa skripsi kami banyak salah-nya, dsb.. Dan tibalah pengumuman kelulusan. Salah satu dosen mengatakan seperti ini.. "Dengan berat hati saya katakan bahwa kalian belum lulus............
Saya menutup mata saya, saya mikir, aduhh ini harus terjadi......
Tapi beliau melanjutkan, "Belum lulus dengan nilai A, jadi kalian semua LULUS DENGAN NILAI B.!"

Dan dengan serentak kami semua berteriak!!Hahahaha.. 
Saya juga ikut teriaaaaak.. AAaaaaa Terimakasih Tuhan Yesuuuuusss..
Ini bener-bener ANUGRAH..
Ini bener-bener KASIH KARUNIA....
Ini bener-bener MIRACLE...

Saya benar-benar melihat God's Grace and Miracle.. Waktu dalam masa menunggu giliran sidang, ketika saya berdoa, saya sempat bertanya sama Tuhan, "Tuhan, kenapa Tuhan memberi semua hal yang saya nggak mo?? Saya minta supaya nggak sidang di hari sabtu jam 1-5, tapi Tuhan kasih jadwal seperti itu, saya minta untuk tidak diuji dosen yang ini, tapi Tuhan berikan beliau untuk menguji saya. Saya tau bahwa itu yang terbaik dari Tuhan, tapi knapa Tuhan??" Dan saat itu saya jelaas skali dengar Tuhan bicara, "Iyaa keZ, kalo mo melihat Anugrah, mujizat, dan perbuatan-Ku yang ajaib harus ada sesuatu yang sulit dahulu terjadi. Kalo segala sesuatu mudah-mudah saja, semua orang akan melihat bahwa itu memang sudah sewajarnya terjadi, tapi kalo kamu menghadapi situasi sulit lalu kamu bisa menang, itu semua bukan karena kekuatan-mu tapi karena AKU.

Yaaaa kalo mo jujur, bisa lulus dengan dosen penguji killer saja sudah merupakan MUJIZAT lohhh.. Sungguh, karena teman saya banyak yang nggak bisa lulus, tapi bisa lulus dan dapat nilai B itu ANUGRAH TUHAN.. Waktu teman-teman saya tau saya dapet nilai B dan tau siapa pengujinya, mereka semua tercengang, karena yaa mereka tau bahwa bisa lulus ajaa udahh seneng bangeed apalagi dapet nilai B.. 

Saya sungguh-sungguh melihat Anugrah Tuhan di sidang skripsi saya. Saya nggak melihat kelulusan saya karena saya bisa, tapi semua karena Tuhan. Sampai saat ini, setiap saya ingat kejadian hari sabtu saya masih tercengang dan geleng-geleng kepala melihat perbuatan Tuhan yang dashyat dan ajaib. God, You are so AMAZIIIIIING :D


Ini 3 kelompok yang sidang di tanggal 10 Maret 2012.. We see God's Grace.. 

Ini gabungan dari 2 kelompok, kami mengerjakan proyek yang sama hanya saja berbeda target-nya. Sehingga selama kurang lebih 6 bulan kemarin kami banyak bekerja bersama dalam pembuatan skripsi..

Yeaaaahh this is my thesis team.. Kezia-David-Echa. We see God's Grace in our thesis.. =)

"Tetapi aku, aku suka dekat pada Allah; aku menaruh tempat perlindunganku pada Tuhan ALLAH, supaya dapat menceritakan segala pekerjaan-Nya." (Mazmur 73:28)

You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe