Broken Heart

00.04

I was so sad.. 
Begini ceritanya..


Hari ini, gue janjian sama 2 anak youth, sebenernya mereka bukan jemaat juga, tapi aktivis di Youth kita. Sebenernya gue janjian dengan mereka karena ada sesuatu hal yang mo gue bahas dengan mereka, tapi akhirnya kita jadi cerita-cerita (maklum cewe.hahaha). Salah satu dari mereka bilang bahwa dia baru putus dari pacarnya, trus dia cerita dehh kenapa dia putus sama pacarnya itu. Ternyata dan ternyata cowo-nya itu super paraaahh, selama jadian sama anak youth gue ini, dia masih berhubungan sama mantan-nya, dan kelakuan-kelakuan lainnya yang bikin gue melongo, emosi dan pengen celupin nih cowo ke lahar! Seriously!! 

Trus, dia juga sempet cerita tentang temen-temen cowo-nya yang sama-sama nggak bener. Yang married karena pacarnya udah terektekdung. Ada juga yang masih pacaran trus pergi ke puncak bareng dan melakukan hubungan suami istri, ada yang sering main di bar dan sewa cewe-cewe, dsb. My heart was so broken waktu denger cerita itu. Hal itu udah jadi hal yang 'normal' sekarang-sekarang ini. Dulu cewe bakal super malu kalo keperawanannya udah hilang, tapi sekarang? Mereka udah nggak malu ngaku kalo pernah free sex dan bahkan pernah aborsi. It's kinda a normal thing. 

Gue sedihhhhhh bangeeed.. T__T
Anak-anak cewe sekarang udah pacaran dari SMP bahkan dari SD, udah kenal yang namanya ciuman, seks dsb. Bagi mereka, pacaran itu hal yang normal, pegangan tangan, rangkul-rangkulan, pelukan, ciuman, hubungan seks itu normal. Kan udah banyak yang melakukan hal itu. Haiiizzzz.. 

Dan 95% anak-anak yang seperti itu adalah anak-anak yang broken home..

Anak-anak di youth gue, 80% anak broken home..
Anak-anak mentee gue, hampir semua anak broken home.
Mereka cerita bahwa papa-mama nya cerai, papanya main sama wanita lain, papanya punya istri banyak, mama-nya cerai langsung punya pacar lagi, dsb.. Gue sediiihhh bangeeeeed.. Hati gue rasanya sakit bangeed waktu mereka cerita itu. Bayangin dehh, mereka baru umur 14-15 tahun, udah ngeliat papa mama mereka seperti itu. Gue yang udah umur 22 tahun ajaa (sampe kapanpun) pasti hancur kalo ngeliat papa mama gue seperti itu. 

Gue cukup bisa memaklumi kalo mereka cukup 'bandel' (walaupun itu nggak bisa dijadikan satu-satunya alesan juga). Mereka nggak melihat keluarga yang harmonis, mereka nggak dapet kasih sayang yang cukup sehingga mereka terus menerus cari itu di luar, lewat pacar-pacar mereka. 

Rasanya, gue pengen do something buat mereka. Gue jadi invest waktu doa gue buat mereka, buat anak-anak gue khususnya. Gue bener-bener berdoa supaya mereka tetap kuat, tetap cinta sama Tuhan Yesus, tetep berpengharapan, tetep konsen buat studinya (bayangin nggak sih, abis ngeliat bokap maen cewe, kalo masih bisa konsen belajar sih hebat). Gue sampe nanya sama Tuhan kenapa gue bisa dapet anak-anak broken home. Gue ga berasal dari keluarga broken, walaupun keluarga gue juga nggak sempurna (sampai saat ini gue juga masih rindu liat bokap dipulihkan), tapi gue dapet kasih sayang yang utuh dari kedua orang tua gue (bahkan sampai hari ini nyokap gue masih suka melokin gue kaya anak bayi, diunyel2 gtuh, really). So, gue harus bagi kasih itu ke mereka..

Gue sering pelukin mereka..hehe.. 
Jadi di youth gue, kita ada mentoring setiap abis ibadah. 1 mentor dapet beberapa anak, me too. Gue termasuk salah 1 mentor. Awalnya gue nggak terlalu care sama mereka (gue ini anak tunggal, yang nggak terlalu biasa berbagi dan memperhatikan yang lain, karena gue jadi pusat perhatian di rumah) tapi sejak tau mereka itu anak-anak broken, hati gue hancur men.. Gue sadar gue nggak boleh seperti itu, gue harus investasiin hidup gue ke mereka. Mereka nggak melihat ada pribadi yang sayang mereka di rumah, gue harus jadi pribadi yang sayang sama mereka dengan tulus. Mereka nggak liat ada teladan di rumah, gue harus jadi teladan buat mereka. Itu nggak gampang mamennnn tapi gue harus dan wajib belajar buat berbagi kasih. 

Kadang, kalo gue lagi doain mereka, gue bilang, 'Tuhan Yesus sayang sama kamu, cici juga sayang sama kamu.' Gue mo mereka tau bahwa mereka berharga, dicintai dan kehadiran mereka di dunia ini bukan kecelakaan, tapi direncanakan Tuhan.

Lord, teach me supaya punya hati seperti hati-MU, supaya aku bisa sayang mereka seperti Tuhan Yesus sayang sama mereka..
Lord, give me heart yang peka terhadap apa yang mereka rasain dan apa yang menjadi kebutuhan mereka.
Lord, remind me, kalo aku lagi mo bandel, ingetin aku bahwa aku punya anak-anak yang ngeliat hidup aku gimana, anak-anak yang lagi dalam masa pertumbuhan rohani and they need mom, best friend and an example.
cici loves kalian :*

Noted : kalo ada dari kalian yang baca tulisan ini dan kalian pernah/sering/terbiasa melayani/menghadapi anak-anak broken home, please let me know. Gue mo belajar bangeeed, misalnya apa sih yang biasanya mereka rasakan, butuhkan, dsb.. Thankyou =)

You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe