Curhat Seorang Guru Les

00.52

Hari ini gue cukup menyala-nyala.. Tadi siang waktu lagi online trus liat timeline facebook, gue liat Ci Grace share link ini dan ini.. Coba dibaca dulu dehh biar bisa nyambung sama tulisan lanjutan gue..


Gue bener-bener nggak abis pikir waktu baca artikel itu. Koqq bisaa gitu kurikulum bahasa inggris mo dihapusin?? Gue ajaa yang dari kecil dapet pelajaran inggris di sekolah, trus les inggris, gara-gara jarang digunain jadi rada-rada lupa enn sekarang gue cukup modyar baca text book S2 yang menggunakan bahasa inggris enn super tebel itu. Nahh apalagi buat anak-anak yang nggak dapet pelajaran inggris dari SD.. gimanaa coba nanti. Text book kuliah itu udah 95% pake inggris, trus gimana bisa survive di kuliah kalo nggak bisa bahasa inggris? @.@

Hari ini gue sedih, marah, kesel setelah baca artikel itu. Gue cukup sedih sihh waktu baca Pak SBY jadi bahan ketawaan di luar sana, well meskipun gue kurang menyukai kepemimpinan SBY tapi yaa tetep ajaa beliau presiden kita gtuh. Our leader, sedih juga lahh kalo sampe diketawain gitu. Trus gue kesel juga lahh sama kebijakan Mentri itu, nggak ngerti bangeed apa yang ada di pikirannya..

Gue sebenernya agak bingung dengan beberapa kebijakan pendidikan di Indonesia terutama untuk anak SD. Gue ini guru les anak SD. Gue bener-bener nggak suka sama kebijakan Guru kalo ulangan jawaban harus SAMA PERCIS dengan catetan yang dia kasih. Garis bawahi kata sama persis yaaa. Gue inget bangeed waktu itu ada soal : "Apa fungsi panca indra?" Di catatan itu jawabannya : "mengenal bagian luar" anak les gue jawab : 'mengetahui bagian luar.' Ennn guess what, itu disalahin!!?!?! Itu kan masih memiliki arti yang sama kenapa mesti disalahin. Duhh kesel bangeed gue kalo ketemu guru kaya gitu. Gara-gara kebijakan itu ada banyak anak SD (termasuk gue) yang cuma menghafal tanpa dimengerti supaya dapet nilai bagus! Padahal yang lebih penting adalah pengertian akan hal yang dipelajarin.

Contohnya, pelajaran Kewarganegaraan atau PKN. Biasa ulangannya banyak bangeed tuh bahan-nya. Catetan bisa sampe 50 nomor beserta jawaban yang puanjang-puanjang. Yahh anak-anak dituntut untuk menghafal supaya bisa dapet nilai bagus, tanpa dia mengerti apa yang dia afal. Contohnya kemarin ini anak les gue baru belajar tentang Sumpah Pemuda, menghidupi nilai-nilai Sumpah Pemuda gitu. Gue yakin tuh anak-anak nggak ngerti dengan benar apa arti Sumpah Pemuda itu, gue ajaa baru ngerti kemarin ini gara-gara nanyain anak-anak berkali-kali! Ternyata Sumpah Pemuda itu dalem bangeed makna-nya, kata-katanya itu mengandung makna supaya kita memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi. Ketika kita punya rasa 'memiliki' rasa 'cinta' tanah air, kita akan terus berupaya untuk mengembangkan negri kita untuk jadi lebih baik dan lebih baik lagi. Nah pengertian macam itu jauh lebih penting, daripada sekedar mengingat. Menumbuhkan rasa cinta tanah air itu yaa harus dari anak-anak, supaya mereka tau mereka harus ber-prestasi untuk bisa mengembangkan Indonesia. Gue nggak pernah liat soal ulangan anak SD ada pertanyaan, "Apa makna Sumpah Pemuda menurut diri kamu?" Dimana anak SD itu bisa menjawab menurut pendapatnya masing-masing. Mereka bisa koq kalo dilatih sperti itu, dilatih untuk bisa mengeluarkan pendapatnya bukan cuma jawab sesuai catetan plek plek..

Darah gue mendidih nihh hari gara-gara tuhh artikel..
Gue cuma berharap dan berdoa supaya si Bapak Mentri bisa ambil keputusan dengan se-bijaaak bijaknya.. 
Enn gue juga punya pesan buat setiap dosen, guru, trainer atau tenaga pengajar, janganlah mengajar cuma karena duit! Yaahh memang bener perlu digaji, perlu dibayar. Tapi kalo nggak punya hati dan beban di bidang pendidikan, jangan dipaksa, daripada merusak generasi bangsa. =) 

Kebahagiaan terbesar seorang pengajar adalah melihat anak yang diajarnya berhasil dan sukses bukan karena dapet duit banyak! :D 

You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe