LOVE DATING SEX (part1)

19.29

Mentoring pertemuan ke-4 dengan Ko Pohan :]
Dari jauh-jauh hari Ko Pohan udah bbm YougunZa Crew, kasih taoo bahwa tanggal 24 Mei tema Mentoring kita adalah "LOVE DATING SEX".. Jangan dibalik yaa, karena kita jatuh cinta dulu, berpacaran, baru sex.. Wahh kita sangaaad excited dengan tema ini loo, biasa laa anak muda gitu loo, kalo udah mendengara sesuatu berbau LOVE pasti langsung smangaaad ^^ Let's start...


Cinta itu kebutuhan dasar manusia.. Kalo secara fisik kebutuhan dasar kita adalah makan, minum, dan pakaian, kebutuhan dasar jiwa kita adalah mengasihi dan dikasihi. Percaya-laa bahwa kebutuhan akan mengasihi dan dikasihi ini adalah kebutuhan dasar kita dan harus seimbang. Kita nggak bisa hanya mengasihi saja tanpa kita dikasihi orang lain, begitu pula sebaliknya, kita tidak bisa hanya dikasihi terus menerus tanpa kita mengasihi orang lain.. Jika hal ini tidak imbang, maka mental kita bisa terganggu dan akibat paling parah yang ditimbulkan adalah sakit jiwa..

Ada 4 Kategori Cinta :
1. Philia
Kasih persaudaraan. Contohnya pada orangtua, kakak, adik, teman-teman. Kita bisa membahasakan LOVE ini dengan kata "sayang"
2. Storge
Rasa cinta terhadap sesuatu. Contohnya kepada bangsa, berjiwa nasionalisme, cinta yang bersemangat.
3. Eros
Cinta yang berdasarkan hawa nafsu. Kata eros juga berasal dari "erotis". Berasal dari bahasa Yunani. Kita biasa membahasakan eros ini dengan kata "cinta"
4. Agape
Kasih yang kekal dan tak bersyarat. 

Ko Pohan menambahkan untuk membina hubungan suami istri tidak boleh menggunakan cinta eros, karena itu hanya berdasarkan hawa nafsu saja. Kita harus memakai kasih agape, cinta walaupun bukan cinta jika... ^^

DATING
Dating/pacaran ada hubungan antara 2 orang yang terjadi apabila ada pengakuan atau perjanjian antara 2 belah pihak.. Yang membedakan antara hubungan pacaran dengan hubungan HTS (Hubungan Tanpa Status) adalah adanya pengakuan..!

Manfaat : 
1. Mengenal lebih jauh
Kita tidak hanya mengenal pribadi pasangan kita tapi kenal-laa teman-temannya, keluarganya, sifat-sifatnya..
2. Menentukan langkah selanjutnya

Apa saja yang harus dilakukan?
1. Manfaatkan waktu yang ada untuk mengenal lebih jauh dan menyeluruh
Biasanya ketika kita berpacaran kita cenderung untuk menghabiskan waktu ber-2 saja. Pegy nonton, makan hanya ber-2 saja. Itu boleh, hanya saja jangan selalu menghabiskan waktu ber-2-an kmana-mana. Cobalah untuk mengenal keluarganya, teman-temannya. Pegy dengan teman-temannya, dengan keluarganya dengan tujuan untuk mengenal mereka lebih dekat. Memang tidak enak tapi ini adalah hal yang sangaad penting dalam hubungan berpacaran.

2. Tidak melakukan kegiatan amoral
Kegiatan amoral bukan berarti hanya berzinah (bobo bareng) tapi kegiatan-kegiatan amoral lainnya (udahh pada taoo kan?? :p) Poin ini bisa menghancurkan hubungan kita. Ko Pohan bercerita dia sudah banyak bertemu dengan pasangan yang berbuat amoral dalam masa pacaran mereka yang ujungnya adalah mereka putus. Weleh welehh, kalo udah kaya gene, kita sebagai pihak wanita paling rugi tohh??

3. Memanage keuangan
Untuk mempersiapkan pernikahan butuh biaya yang sangaad besar, oleh karena itu mulai dari pacaran harus hemat. Jangan terlalu boros. Ko Pohan menceritakan pengalamannya pribadi, ketika dia ingin menikah dengan istrinya, dia tidak mempunyai cukup biaya karena sudah mengeluarkan banyak uang ketika masih berpacaran. So, Ko Pohan menghimbau kita untuk hemat-hemat waktu masih pacaran..xixixi..

Setelah Ko Pohan berbicara panjang dan lebar, sekarang saatnya kita bertanya..hihi.. Ada beberapa pertanyaan, namun aku hanya menuliskan 1 pertanyaan ajaa yang ku anggap mewakili pertanyaan semua kaum muda.hehe..

question :
Bagaimana kita bisa mengetahui bahwa si dia adalah orang yang tepat? 

aahhhhh pertanyaan ini, pasti banyaak yang ingin tanyaa dehhh..hihihi..

Ko Pohan answers :
Pertama perlu kita ketahui bahwa Tuhan tidak menjodoh-jodohkan orang.. Tuhan bukanlah biro jodoh yang memasang-masangkan si A dan si B lalu si C dan si D.. No No.. Kita perlu hapus paradigma itu dari otak kita. Tuhan tidak pernah memaksa kita untuk menikah dengan si A atau si B. Tapiiii, Tuhan taoo yang terbaik untuk kita. Misalnya, Tuhan taoo nehh kalo si Minah itu kalo menikah dengan si Tukiyem akan seperti ini, tapi kalo Minah tidak memilih Tukiyem dan lebih memilih Joko, tidak berarti Tuhan tidak memberkati pernikahan mereka loo.. Nahh, yang taoo dia yang tepat untuk kita yaa kita sendiri, apakah kita yakin bahwa kita akan bisa mendampingi dia sebagai suami/istrinya dengan segala kelebihan dan kelemahan dia. Tapii yaa kita juga bisa tanya Tuhan donk tentang pilihan kitaa.. Kalo kita tanya Tuhan, Tuhan pasti jawab kita koqq apakah si doi ini yang terbaik untuk kita atau bukan. Tapii balik lagii yaa, setiap pilihan kita yang menentukan. Bukan Tuhan..

Ada beberapa kriteria yang bisa dipakai untuk memilih Pasangan Hidup (No1 itu MUTLAK alias KUDU alias WAJIB alias MESTI, no 2-9 tidak mutlak, yaa bisa menjadi bahan pertimbangan juga) :
1. Seiman (MUTLAK)
2. Tingkat sosial
3. Tingkat pendidikan
4. Kasih yang mendalam
5. Keadaan keluarga
6. Keuangan
7. Karakter, sifat
8. Latar belakang
9 Suara Tuhan

Karena waktu yang terbatas kmarin, maka untuk penjelasan 9 kriteria di atas akan dilanjutkan hari selasa depan pluuuuuss pembahasan mengenai SEX.. Waahhhh nggak sabaaar dehh :p So temaan, stay tune yaa, akuu pasti update lagiii.. ^^

Tuhan Yesus sayang kita semuaa... J J 

You Might Also Like

6 komentar

  1. GREAT stuff! Good that you are sharing this here =)

    Btw, dating ama pacaran beda lho, say. hehe.. Kalo di Indonesia, istilahnya adalah TTM (teman tapi mesra..hehe). Jadi sama sekali gak ada status gak ada pengakuan. Kalo pacaran..nah, ini yg udah ada status boyfriend/girlfriend..udah ada pengakuan I like you you like me. =D

    BalasHapus
  2. Iyaa cii ini bahan mentoring aku setiap minggu sama pengerja yang lain di yuth.hihihi..
    Ohh beda yaa ci.. halaahh mentok di bahasa loo ini..hahaha.. Yang dimaksud di atas ini pacaran koqq ci, yang udahh ada pengakuan.hoho..

    BalasHapus
  3. Hehehe..iya, beda. Makanya yach, buku "I kissed dating goodbye" itu waktu teman2 gw dulu baca, mereka agak bingung. Mereka pikir maksudnya si Josh, pacaran itu gak boleh ... harusnya kalo suka...biarin aja..doaiinnnnn sampe udah mantap, baru deh langsung aja si cewek tunangan. gubraks
    -.-' Padahal maksud si Josh, jangan dating2..hts2an yg gak jelas...kalo suka, doain..udah yakin akan ada 'future', baru ajak pacaran dgn status and pengakuan yg jelas kalo they are boyfriend/girlfriend with the intention of getting married one day. =D

    BalasHapus
  4. oiii Kes....hampir seminggu gw ga buka2 inet hoho. gara2nya pulang kampung, terus liburan di Ujung Genteng. tau gak?? buagus buanget loh itu... ntar deh ya wait for my posts!! ^^ udah ga sabar mo bikin journal soal liburan gw hahaha.

    tapi begitu buka inet, wuah notif udah banyak deh...udah ketinggalan post2 menarik dari kalian2 juga...huhuhu T___T

    di postingan ini yg kena di gw adalah bagian bahwa Tuhan tidak menjodoh2kan. itu bener banget!! udah baca buku How to Find Your One True Love karangannya Bo Sanchez belum?? itu bagus banget, sangat aplikatif!! ^^ ada bahasa indonya kok, tapi gw gatau beli dimana...coz bukune pinjem temen itu.

    Naaah disitu tuh dibilang, seringkali perspektif orang2 tuh sering salah. Bo Sanchez (dia orang filipina) terang2an ngomong banyak orang yg salah paham sama maksudnya si Joshua Harris, orang2 (terutama cewe) sering mikir bahwa "Saya hanya akan duduk diam & menunggu sampe orang yg tepat itu datang". nah, masalahnya kalo gitu terus ya kapan mo dapet soulmate.... kitanya ga gerak2, ujung2nya marah n nyalahin Tuhan. Itu sama aja dg melemparkan tanggung jawab kita soal pasangan hidup ke Tuhan!! ingat juga bahwa iman tanpa perbuatan adalah MATI bow... wah keren banget daah pokoknya....

    BalasHapus
  5. halo kezia... salam kenal... keren isi blognya...
    btw, nama qta sama yah?haha...
    hmm... follow back my blog yah kalo berminat...hehehe.. thx..:)

    BalasHapus
  6. pink nut inii sapa nama asli na?? kezia jugaa??hehehe.. nama blog na apaa yaa?? :]

    BalasHapus

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe