Mendadak Semarang

07.13

Tepat seminggu aku sudah join ke Perusahaan baru. Tapi kalau dihitung dari kehadiran di kantor, hari ini baru hari ke-3. Loh koq bisa begitu?
Jadi, hari Senin sampai Rabu minggu lalu (dimana hari Senin seharusnya aku masuk kantor baru), aku langsung perjalanan dinas ke Semarang. Awalnya aku kaget banget waktu dikontek, saking nggak percaya-nya sampe nanya berkali-kali. Ternyata beneran!hahaha.

Jadi hari pertama itu aku ketemu dengan Bos Baru dan TemenKerjaBaru di Bandara langsung! Usut punya usut ternyata tahun depan itu mau ada Team Building di Semarang dan ini mau survey lokasi-nya dulu untuk menghitung budget. Dan ternyata lagi, kita nginepnya bukan di Semarang melainkan di Salatiga dan dalam kurun waktu 3hari 2 malam kita nginep di hotel yang berbeda. Super wow banget deh perjalanan kali ini.hehehe.

Aku ceritain hari per hari aja deh yaa, karena cukup banyak lokasi yang kita kunjungin.

Hari Pertama

Dari Bandara, kami langsung makan di Soto Bangkong. Well, di Jakarta ada sih, tapi aku merasa koq rasanya lebih enak yang di Semarang ini yaa, atau mungkin karena pas makan lagi dalam kondisi sangat lapar.hehehe. Setelah makan, kita lanjut ke Salatiga, sekitar 1.5 jam dari Semarang. Lumayan banget waktu-nya untuk aku re-charge (tidur di mobil :p).

Kami menginap di Hotel D'Emmerick Salib Putih.
Waktu turun dari mobil, hati langsung happy banget. Aku nggak menyangka bahwa Salatiga itu adeem banget, beda sekali dengan Semarang yang sangat panas di siang hari. Begitu sampai, kita langsung meeting dengan Marketing Hotel membicarakan rencana Team Building tahun depan.

Anyway, Hotel D'Emmerick ini bisa jadi pilihan untuk menginap terutama yang rame-rame karena 1 kamar-nya terdiri dari 4 ranjang. Hotel-nya sendiri luaas bangeet, ada lokasi untuk outbond, bbq-an dengan view yang sangat indah, kolam renang, dan banyak spot bagus untuk foto-foto. Harga-nya juga affordable koq, jadi recommended banget lah! Harga makanan-nya pun masuk akal banget untuk ukuran hotel. D'Emmerick ini juga cocok dipakai untuk acara-acara keagamaan karena selain tempat-nya yang indah, suasana-nya juga sepi dan damai sekali.

Selesai meeting dan beberes sebentar, kami melanjutkan perjalanan. Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Jadi di museum ini ada kereta uap jaman Belanda dulu, udah jaduls sekali kereta-nya (kata lain dari bobrok). Keistimewaan Museum ini adalah kita masih bisa naik kereta api uap-nya tapi jadwalnya nggak setiap hari (hanya di weekend). Sebenarnya bisa kalau kita mau naik kereta di luar jadwal (misalnya bawa rombongan gituh), tapi rek muahal nyaa, 1 gerbong (isi 40 orang) kita harus bayar 10 juta rupiah! Blaahh mending buat makan. #doyanmakan hahaha. Rasanya Museum Kereta Api ini bakal dicoret dari tujuan tahun depan.

Lokasi Museum ini dekat sekali dengan Gua Maria Kereb Ambarawa. Konon, patung bunda Maria disini yang paling tinggi di dunia. Kita mampir cuma untuk foto patung bunda Maria trus pulang. Sayang-nya pas kami sampai disana, lagi hujan. Jadi langit-nya sendu banget deh.huhu..

Perjalanan masih berlanjut. Kali ini kami pergi ke Eling Bening. Jadi, Eling Bening ini adalah sebuah tempat wisata keluarga, sebenernya yang dijual jelas banget : pemandangan-nya. Hoalaah rek, bikin mata adem bangeet! Sekali lagi sayang-nya waktu kesana cuaca lagi mendung sekali karena mau hujan. Alhasil, gelaaap, langit-nya nggak biru. Padahal asli-nya indah banget!

Jujur, aku amaze sih di Salatiga ada tempat se-indah ini! Belum terlalu disorot masyarakat tampaknya, jadi masih sepi, apalagi kemarin pergi pas weekdays. Jadi aku enjoy banget bisa makan, duduk-duduk liat pemandangan indah, sayang kurang bawa novel. Kalo ada novel, sempurnalah itu..hihihi.

Sekitar jam 5 sore, kita kembali ke Hotel. Rencana makan malam di Hotel aja. Waktu aku keluar kamar setelah mandi, sempet ke pinggir kolam renang dan astaga bagus banget pemandangan kota Semarang dari ketinggian. Tapi saat itu aku nggak bawa kamera dan udah ditunggu BosBaru, jadi aku buru-buru ke restoran. Selesai makan, mau ambil kamera di kamar tapii udah kadung gelap ketutup kabut. Hoalaahh =__=
Hari Kedua

Pagi-pagi kami sudah check out dari D'Emmerick, setelah melihat lokasi outbond, kami langsung pergi ke tujuan selanjutnya. Ohh yaa, arena outbond di D'Emmerick ini, lumayan horor loh! Horor dalam arti cukup ekstrim, banyak permainan tali yang cukup tinggi. Tampaknya diet harus semakin diketatkan, takut tali-nya putus kalo berat gini T_______T

Tujuan selanjutnya adalah : Kragilan atau yang lebih dikenal dengan Top Selfie. Bahkan di pintu gerbang-nya pun ditulisnya : Top Selfie. Heran donk kenapa, liat di Google sih emang bagus banget lokasi-nya tapi kan asli-nya belum tentu. Akses kesana susah banget, jalannya naik turun, bener-bener membelah gunung kayaknya. Tapi begitu sampe, aseliiikk!! KEREN BANGEET!! Dan memang pantas disebut Top Selfie karena nyaris di setiap lokasi, ada spot keren untuk foto.

Bagi yang nggak punya kamera pribadi atau nggak punya kemampuan mumpuni untuk foto, nggak perlu kuatir karena di Kragilan ada banyak fotografer yang bersedia memotret kita di berbagai spot yang kita mau plus mengarahkan gaya kita (ini penting banget menurut-ku). Di Kragilan itu ada spot foto yang gratis, tapi ada juga yang bayar. Beberapa mirip dengan Lodge Maribaya, ada sepeda udara, ayunan udara, dsb. Beda-nya adalah di tarif-nya, setau-ku kalau di Lodge Maribaya itu 1 wahana biaya-nya 15 ribu - 25 ribu rupiah, kalau di Kragilan hanya 5 ribu rupiah! Mantap teunan kan?

Hasil foto-nya langsung ditransfer ke HP kita. Satu foto-nya itu Rp 2500. Murah kan?? Hasil-nya bagus lagi. Nih solusi buat pre-wed murah. hahaha.

Sayang seribu sayaang, waktu selesai foto di spot pertama (latar belakang pohon-pohon pinus) tiba-tiba hujan deraaasss. Sedangkan spot foto semua-nya outdoor. Udah ditunggu 30 menit tapi hujan tak kunjung reda. Akhirnya BosBaru memutuskan untuk pindah lokasi saja.huhu. Jujur aku sedih, karena aku pengen banget foto-foto yang banyak disana (karena kan belum tentu bisa kembali lagi kesana) tapi aku tak punya daya untuk merajuk BosBaru untuk stay. Maklum masih jadi anak baru.hihihi.

Destinasi selanjutnya yang kami datangi adalah : Umbul Sidomukti
Aku aja udah ternganga dengan jalanan menuju Kragilan, yang ke Umbul Sidomukti ini lebih parah lagi. Lebih parah dalam arti, jalanan lebih sempit dan super nanjak. Kalau naik mobil pribadi, disarankan untuk memilih supir yang jago nyetir karena medan-nya berat banget.

Di dalam Umbul Sidomukti ada sebuah restoran yang lokasi-nya masih sekitar 600 meter menanjak dari pintu gerbang Umbul Sidomukti. Nanjak banget bok!! Nama-nya Pondok Kopi. Hujan membuat kami semakin kedinginan, kami pesen minuman panas tapi ketika minuman itu sampai, sama sekali tidak panas, cuma hangat aja.hahaha. Yang dijual oleh restoran ini adalah pemandangannya. Indah banget ihhh! Banyak yang pacaran, sambil memandang indahnya pemandangan gunung. Lagi-lagi, kalau saja aku bawa novel, lengkaplah moment itu.

Setelah hujan berhenti, kami turun ke bawah. Jadi, di bawah itu ada kolam renang dan arena outbond juga. Kami nggak liat langsung sih kolam renang-nya, cuma tanya-tanya tarif dan aku sempet foto-foto pemandangan.

***
Kami tiba di Hotel Wujil Pkl 15.30. Masih sore banget kan, sedangkan kami akan dijemput untuk makan malam Pkl 19.00. Akhirnya aku iseng tanya ke resepsionis hotel, apakah di sekitar situ ada mall, ternyata ada. Yaa walaupun mereka udah pesen jangan dibandingin sama mall di Jakarta.hehehe.

Nama-nya Luwes Swalayan.
Aku nyari mall karena aku lagi butuh beli sepatu hak tinggi dan pulang dari Jakarta tuh udah padet banget jadwalnya. Luwes Swalayan terdiri dari 3 lantai, dimana isi-nya ada supermarket, yang jual baju, buku dan sepatu. Campur-campur dah. Yang bikin aku amazed adalah harga barang keperluan sehari-hari (seperti sampo, sabun mandi, sabun cuci muka, masker rambut dll) lebih murah dibanding Jakarta, ada yang beda-nya sampai dengan 5ribu rupiah! Lumayan banget kan buibu?

Makan malam kami jatuh di Sate Sapi ........ Enak sih, cuma nggak sampe bikin aku wow banget. Ohh yaa disini ada hal epic. Aku pikir, setelah makan di Sate Sapi itu, BosBaru bakal ajak kulineran, ternyataaaa langsung balik ke Hotel! While me, masih laper karena sengaja nggak makan banyak disana..huhu.. Jadi sampai di Hotel, aku langsung buka Go-Food dan pilihan-ku jatuh kepada seblak. #Sayapenggemarseblak. Sambil nunggu seblak, aku puter-puter Hotel. Anyway, Hotel Wujil juga enak banget loh! Hotel-nya modern, fasilitas komplit, pelayanan juga okay dan harga kamar-nya  juga sangat terjangkau.

Malamnya ada insiden. Ntah gimana, aku mendadak gatel-gatel. Keluar ruam-ruam merah di daerah perut. Udah diolesin minyak kayu putih banyak, tetep nggak mempan. Untungnya, nggak jauh dari Hotel ada apotik K-24. Langsung pesen Gojek dan beli incidal. Sampai sekarang masih nggak tau kenapa bisa gatel-gatel sampai segitunya. Secara aku ini nggak ada alergi apapun. Biarlah itu menjadi misteri ilahi.

Hari Ketiga

Tujuan kami hari ini sebelum balik ke Jakarta ada 3 lokasi. Yang pertama adalah Candi Gedong Songo. Mirip-mirip seperti candi Prambanan sih tapi candi-nya kecil-kecil gituh dan letak-nya berjauhan. Kalau mau kelilingin 9 candi-nya mesti naik kuda, bisa sih jalan kaki tapi pasti gempor karena jalan-nya nanjak. Aku aja sampe candi pertama udah engap banget #harusdiet.

Well well not my favorite place, karena bikin capek dan pemandangannya biasa banget. #emandasarnya mager.

Candi Gedong Songo ini letaknya masih di atas (bukan kota Semarang), karena tujuan kami selanjutnya ada di kota Semarang jadi kami harus menempuh 1.5 jam perjalanan dulu baru bisa sampai di Lawang Sewu yang katanya horor itu. Kemarin nggak sampe masuk ke dalem-dalem banget sih, jadi nggak tau horor atau nggak-nya. Yang jelas, itu gedung GERAH BANGET! Semarang siang-siang itu kan panas banget, aku baru masuk ke gedung itu aja udah keringetan sekali. Gimana nanti masuk sampe dalem.

Meskipun gedung ini katanya horor, tapi cukup banyak spot foto-nya. Langit juga cerah, jadi pas foto bagian atas gedung-nya, keliatan cakep.

Waktu yang mepet membuat kami harus segera lanjut ke destinasi selanjutnya yaitu Sampookong. Yang ternyata isinya adalah kuil-kuil, besar banget, dan bisa dipakai untuk berdoa (bagi agama Budha). Karena saya nggak berdoa disana, jadi yaa dateng kesini cuma untuk foto-foto. Ke Sampookong. Kalau kalian mau ke Sampookong, lebih baik datang-nya sore, karena kalau siang, terik banget bok! T_____T

Penutup dari jalan-jalan di kota Semarang ini adalah MAKAN KEPITING. Yeaaayy! Since, i love seafood so much! (Emang apa kez yang nggak doyan?hahaha). Daerah Jawa itu kan terkenal yaa dengan makanan yang manis-manis, dan ini juga berlaku ke bumbu kepiting-nya. Kami pesen 2 rasa, yang satu asam manis, dan yang lain mentega hitam (waktu aku minta bumbu lada hitam, ada-nya ini). Yang rasa asam manis, rasanya bener-bener manis sekali, aku pikir yang mentega hitam bakal ada pedes-pedesnya. Ternyata tidaak! Manis semuaaa.

Jadi cepet eneq makan-nya. Itu untuk pertama kalinya makan kepiting nggak bersihin, selain eneq karena rasa manis-nya, aku juga malu. #Ehem.

***
Sekian cerita-ku tentang perjalanan 3 hari 2 malam di Semarang. Mohon maaf kalau cerita-nya agak membosankan (belum terbiasa cerita tentang perjalanan), maaf juga kalau foto-foto-nya kurang bagus, kurang pas framing-nya dsb. Maklum saya amatir.hehehe. (Taken by : Sony Alpha 6000)

Akhir kata :

DEAR GOD, PLEASE BRING ME BACK TO KRAGILAN!!