K-Journal : Me & Reading Bible Grup

11.06

Whooopp Whoopp..
Ahh finally i can touch this blog. Gileeeee ini bulan Februari bener-bener mantaaapp hectic-nya.
Rasanya tuhh ada rasa sedih kalau nggak bisa sering-sering nulis di blog. Padahal kalo soal bahan nulis mah ada aja. 
Okay let's start!

Di awal bulan Desember tahun lalu, aku memutuskan untuk membuat Reading Bible Grup. Sebenernya terinspirasi dari salah satu Ibu Gembala yang sering upload di Instagram kisah dia dan grup Reading Bible dia. Keliatan sangat menarik. 

Awalnya ada keraguan, gimana kalau nggak bisa posting setiap hari, gimana gini gimana gitu. Apalagi belakangan aku ini bolong-bolong banget baca Alkitab-nya, alesannya simpel : sibuk dan capek.  Ahh tapi beraniin diri ajaa deh untuk melangkah. Aku mulai tanya temen-temen deket-ku yang juga satu pelayanan, mau nggak join di grup ini. PujiTuhan pada mau! hehehe.

Finally mulai di tanggal 2 Desember 2016 (harus diingat). Jadi aku tentuin kalau setiap hari baca Amsal 1 pasal dan kita mulai baca dari kitab Perjanjian Baru yaitu Matius 1. Jadi 1 hari 2 pasal. 
Koq sedikit?? Yaa karena aku mau bangun habit-nya dulu, bangun komitmen-nya dulu. Dan aku mau baca Alkitab-nya bukan kaya baca buru-buru, tapi baca yang bener-bener mencerna. 

And we just started.

Yang namanya pertama tuh masih pada semangat, setiap hari report udah baca atau belum. Aku encourage mereka terus untuk bisa dapetin rhema setiap baca Alkitab. Lama kelamaan mulai agak keok, udah mulai ada yang nggak baca karena capek, karena ketiduran dan alasan lainnya. Setiap mau masuk ke pasal yang baru, ada yang belum selesai di pasal sebelumnya. Aku menunggu sampai semua selesai baru masuk ke pasal baru. Memang jadi lama but it's okay. 

Reading Bible is a Journey not a competition.
dan yang namanya journey itu harus dinikmati, begitu juga dengan baca Alkitab. 

Di awal tahun aku diajakin temen blog untuk ikut Reading Bible Grup, dan aku memutuskan untuk ikut! Apalagi begitu tau isi-nya ada siapa-siapa ajaa.hehe. Nah di grup bersama temen blog aku ini, setiap hari kita wajib posting jurnal renungan yang berisi apa yang kita dapet dalam pasal yang kita baca. Awal-nya aku laporan doank udah baca tanpa setor jurnal dengan alasan 'aku nggak dapet apa-apa waktu baca itu.' Trus aku sempet diskusi sama pemimpin grup itu, aku masih sedikit kekeh, terutama untuk kitab Amsal. Itu dibaca terus berulang-ulang, masa masih bisa get something?

Dikasih pengertian sama dia bahwa justru ini adalah trigger untuk kita baca Alkitab lebih serius. Kalau kita baca dengan sungguh-sungguh, doa, tanya Tuhan apa yang Tuhan mau kita pelajari lewat pasal ini. Kita pasti dapet sesuatu yang jadi rhema. 

Berbekal dengan itu, aku juga akhirnya mulai memberlakukan hal yang sama di grup-ku.Aku mulai mendisiplinkan diri-ku untuk upload jurnal setiap hari dan terus encourage mereka untuk nulis juga karena habit menulis itu nggak mudah bok! Nggak semua orang terbiasa menulis seperti itu. Tapi aku terus semangatin mereka, sampai akhirnya ada 1, 2 orang mulai menulis.

Jujur ada masa-masa sedih juga, dimana kadang aku udah berkoar-koar menyemangati untuk baca Alkitab tapi mereka cuma read tanpa memberi respon atau kadang aku udah upload jurnal trus yang lain upload juga tapi orang-orang saying thank you ke orang lain yang nulis jurnal tapi ke aku nggak. Kadang dongkol juga sih!hahaha. Tapi aku nggak mau nyerah, aku terus menabur. Ini juga adalah salah satu pelayanan-ku.

Aku juga jadi belajar untuk disiplin baca Alkitab. Secapek apapun, sesibuk apapun, aku harus baca Alkitab, aku harus tetep tulis jurnal trus upload di Grup. Kadang tuhh yaa baca Alkitab udah sampe merem melek, kadang sempet ketiduran trus pas kebangun baca lagi sampe selesai. Aku lakukan itu bukan untuk membuktikan bahwa aku hebat. Aku lakukan itu karena ternyata aku mulai ketagihan baca Alkitab dan aku mau kasih teladan ke temen-temen di grup aku bahwa sesibuk apapun kita, kalau kita mau make time untuk baca Alkitab, pasti bisa.

Salah satu hal juga yang bikin aku malu kalo nggak posting adalah, di grup sebelah (yang sama temen blog) itu isi-nya kebanyakan emak-emak. Ada donk itu 1 emak-emak anak-nya 4 (di bawah 6 tahun), kaga punya pembantu daaann masih bisa baca Alkitab, nulis renungan setiap pagi. Dan kisah emak-emak lainnya yang serupa. Masih berani ngeluh?? Well, aku sih nggak. Maluuuu kalo ngeluh. hahahaha

Ternyata bener kata Firman Tuhan yang bilang bahwa tugas kita adalah menabur dan nanti Tuhan yang akan memberi pertumbuhan. Perlahan aku melihat perubahan. Dulu, kalau capek udah males baca Alkitab tapi sekarang nggak. Ada yang malu buat upload jurnal karena tulisan-nya jelek, banyak coretan, aku encourage terus, aku beliin tip-ex supaya nggak banyak coretan dan jurnal dia membaik dari hari ke hari.

Aku bener-bener nggak nyangka bahwa apa yang aku tabur mulai kelihatan hasil-nya. Keren-nya adalah kita semua setiap hari diberkati dari jurnal-jurnal yang di upload. Kadang dari ayat yang sama tapi rhema yang didapet bisa beda. Aku pernah ngerasa ketabok banget sama jurnal salah satu temen. Pokoknya Firman Tuhan itu keren banget!

Hari Senin kemarin (20 Feb), kita ketemuan (padahal udah sering ketemu di Gereja.hehe). Tapi kali ini yaa khusus membahas tentang Reading Bible Grup. Seneng dan terharu banget mendengar kesaksian mereka, mendengar perubahan yang mereka alami setelah komitmen untuk membaca dan merenungkan Firman Tuhan setiap hari.

Aku pengen banget posting testimony mereka, semoga bisa terlaksana yaa karena aku yakin ini bisa memberkati dan juga memotivasi yang lain juga.

dan sekarang anggota-nya sudah bertambah =)



You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe