Building a Spiritual Person

20.52

Welcome my sweet November =)
Sesuai janji saya dalam postingan Empower 21 , saya akan menulis beberapa materi yang saya dapat dari Empower 21. Saya berdoa supaya tulisan saya ini boleh menjadi inspirasi dan memberi spirit baru buat setiap yang membacanya. Daaan saya juga berdoa, biar kita semua tidak hanya menjadi pendengar tapi juga pelaku Firman =) Materi ini saya dapatkan di Track 6 (Empower. Biblical View of Holy Spirit) by : Ps. Rubin Adi

"That He would grant you, according to the riches of His Glory, to be strengthened with might through His Spirit in the inner man." (Epheian 3:16)

Manusia terdiri dari 3 dimensi yaitu tubuh, jiwa dan roh..
Tubuh kita adalah fisik kita, dimensi yang paling nyata, yang paling kasat mata. Tentunya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melatih kekuatan tubuh kita, salah satunya dengan berolahraga.. =)
Dimensi yang ke-2 adalah jiwa..
Jiwa kita diisi dengan hobby yang kita lakukan untuk memuaskan jiwa kita, hiburan-hiburan, pendidikan, dll..
Sedangkan dimensi yang ke-3 adalah roh..
Di dalam roh kita terdapat 3 hal :
Persekutuan : membuat kita bisa menyembah Tuhan..
Hati Nurani : membuat kita bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah.
Intuisi : bisa mendengar suara Tuhan.

"Roh-ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya." Yehezkiel 36:27

Ketika kita lahir baru, roh manusia dihidupkan sehingga Roh Allah tinggal di dalamnya. Roh Kudus bukan hanya menyertai kita tetapi Roh itu diam di dalam kita dan tinggal selama-lamanya.. 

Lalu, bagaimana cara supaya kita menguatkan manusia rohani kita?? Menu apa yang kita butuhkan untuk memperkuat manusia roh kita??
1. Firman Tuhan
Ada 3 istilah yang disebutkan tentang Firman Tuhan :
- Sikah : memenuhi pikiran kita dengan Firman Tuhan. (Untuk membuat manusia roh kita kuat, kita harus membaca Firman Tuhan-Alkitab setiap hari. Kita tidak mungkin bisa memenuhi pikiran kita dengan Firman Tuhan jika kita tidak membaca Alkitab setiap hari. Apa yang kita baca itu masuk ke dalam pikiran kita. So, bacalah Alkitab setiap hari ^^ )
- Hagah : mengucapkan/memperkatakan Firman Tuhan.
"Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung." (Yosua 1:8) 
- Higayon : menyanyikan Firman Tuhan setiap hari (Maksudnya adalah kita menyanyikan Firman Tuhan sebagai Mazmur dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti Daud dan Salomo)

2. DOA 
Doa adalah komunikasi dengan Tuhan. Dengan berdoa kita menjalin persahabatan dengan Allah. Doa itu adalah kita berdialog dengan Tuhan. Dialog bukan monolog, which is ada komunikasi 2 arah. Ada 2 pihak yang berbicara, bukan hanya 1 pihak berbicara terus menerus dan yang lain hanya mendengarkan. 
Begitu pula dalam berdoa, seringkali dalam berdoa kita terus-terusan cerita sama Tuhan, minta ini dan itu tanpa mo mendengarkan Tuhan. Kita harus belajar untuk tidak hanya bercerita pada Tuhan tapi juga mendengarkan suara Tuhan =)

Tuhan bisa bicara lewat : 
- Alkitab (yang paling jelas dan akurat, setiap hal yang kita dapat harus diuji lewat Alkitab)
- Nasehat orang lain (Tuhan bisa pakai orang lain untuk menyampaikan pesan-Nya untuk kita)
- Bisikan Roh Kudus - impresi

Apa yang harus kita lakukan jika kita tidak bisa mendengar suara Tuhan??
Kita harus tanya Tuhan tentang :
- Hubungan dengan Tuhan
- Keluarga
- Karakter
- Pekerjaan
- Pelayanan

Apa yang dihasilkan oleh DOA??
- Doa mengatasi semua masalah hidup.
- Doa membuka semua pintu yang ada.
- Doa menghasilkan kuasa dalam pelayanan (doa yang berkuasa tidak berasal dari tubuh dan jiwa tapi berasal dari roh)
- Doa akan dilipatgandakan kuasanya dengan PUASA (Matius 17:19-21)

DOA + PUASA = MUJIZAT TERJADI 

You Might Also Like

5 komentar

  1. Hmm, liat videony empower 21 di gereja jadi nyesel banget ga berangkat. Habis gimanaa, hari kerja sih, hiks,,, Untung kmrn ada beberapa pembicara empower 21 yg juga ibadah d grj, jd ga rugi2 banget lah hahaha....

    BalasHapus
  2. rajinnyyyaa saya masi mls bgt nulis ni wkkw

    BalasHapus
  3. dan doa mengubah kita Kez...^^V

    BalasHapus
  4. @dhieta.. loo koqq dahh liat?? ada yang beli yaa??hoho.. yuth-ku jg beli 1 set tuhh nnti br diperbanyak.. buaguuuus bangeeed abisnyaaa..hehehe.. ehh di sency yaa?? ada ricardo sanchez kan??hehehe..

    @viryani.. soalnya kmarin di empower jg smpet diingetin Tuhan tntang males nulis.. nahh udahh dehh skarang harus nulis.hahaha..

    @kak mega.. yaa ampuunn akhirnya msuk jg komen kaka.hahaha.

    BalasHapus
  5. Denger share dari pastor youthku juga ttg empower 21..ternyata kalian2 pada pergi juga yah :)

    Tengkyuu for sharing kezz, ditunggu yang lainnya juga :D

    BalasHapus

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe