Balance

13.48


I love reading!
So much!

Dari semua genre buku, aku tidak begitu suka baca buku dari para motivator. Aku pernah baca buku beberapa motivator dan mereka selalu menekankan kepada self motivation. Bukannya aku tidak percaya, aku pun setuju bahwa kita harus punya self motivation yang tinggi. Kalau kita sendiri aja nggak bisa memotivasi diri sendiri, gimana kita bisa memotivasi orang lain?

Tapi yang aku kurang setuju dari buku beberapa motivator tersebut adalah kebanyakan dari mereka menekankan bahwa kita bisa karena kita mampu, karena kita mempunyai kekuatan pribadi yang hebat, karena kita memiliki semangat hidup yang tinggi. Yes, i agree but kalau kita tidak hati-hati itu bisa jadi kesombongan dalam diri kita.

Menurut-ku, keberhasilan dalam hidup kita tidak semata-mata karena kemampuan pribadi tapi juga karena ada campur tangan Tuhan di dalamnya. Nah, beberapa orang yang jadi bener-bener mengandalkan kekuatan sendiri dan mengecilkan campur tangan Tuhan dalam hidup. Ketika berhasil, pikirannya langsung, “Yaa ini kan karena gue kerja keras, karena gue semangat, dsb.”
Jadi sombong.

Are you sure??
Yakin totally karena kemampuan loe sendiri?
I’m not sure.

Why??
Kita aja nggak bisa mengatur fisik kita sendiri. Emang kita bisa mengatur laju peredaran darah kita? Bahkan untuk bisa kentut aja, kita nggak bisa atur sendiri, kita butuh Tuhan. Kalo untuk kentut sendiri ajaa nggak bisa atur sendiri, masih mau bilang kalau keberhasilan hidup kita karena GUE pribadi?? Sekeras apapun kita berusaha, kalau Tuhan tutup pintu, yaa kita nggak akan bisa dapet.

Tapi aku juga nggak setuju dengan orang-orang yang terlalu percaya pada nasib dan takdir. Trus mau lu apa sih Kez? Huehehehehe.

Have a balancing life lah.
Lakukanlah bagian-mu dan let God do the rest.

Bagian kita adalah belajar yang bener kalau masih Sekolah, jangan nyontek, jangan pasrah kalau nggak bisa. Kadang suka kesel sendiri sama anak-anak Youth yang males ngerjain Peer, males belajar trus kalau mau ulangan bilangnya, “Doa aja ci, Tuhan pasti bantu.” Biasa aku langsung jawab, “Preet, enak ajaa, itu tanggung jawab kamu buat belajar, lakukan bagian kamu, dan Tuhan Yesus yang akan lakukan bagian-Nya.” Yang Sekolah sapa, yang tanggung jawab siapa, gimana sih!? *jadi kesel* hahahaha.

Yang kerja, kerjalah dengan integritas, kerja keras dan semangat. Itu bagian kita, soal promosi itu bagiannya Tuhan. Aku cuma percaya, kalau kita bekerja dengan baik, jujur, promosi dari Tuhan pasti dateng. Tinggal tunggu waktu aja.

Intinya hidup ini mesti seimbang.
Lakukanlah hal-hal yang memang harus kita lakukan sebaik mungkin tapi jangan pernah kecewa sama Tuhan kalau kita gagal. Mungkin itu cara Tuhan supaya kita nggak sombong, mungkin Tuhan mau memberikan hal yang lebih baik sehingga menutup jalan yang ini, atau mungkin Tuhan mau melatih respon kita menghadapi kegagalan.

Kalau berhasil, jangan sombong! Itu ada campur tangan Tuhan, bukan semata-mata usaha kita tok! Kalau kita udah usaha sekeras mungkin, trus Tuhan tutup jalan. Emang masih bisa?? Tapi jangan pernah menyerah untuk berusaha, jangan menyerah untuk melakukan kebenaran di tengah zaman yang semakin edan ini karena we are called untuk jadi Garam dan Terang dunia. Tuhan mau hidup kita berdampak dan berbeda, supaya orang lain melihat Kristus dalam hidup kita.

Selamat menyeimbangkan hidup! J


Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (mat 5:16)


You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe