Nyari Kerja = Nyari Jodoh?

09.12




Sebulan belakangan ini gue sibuuuuk. Sibuk ngubek-ngubek job street buat cari kerjaan baru. Padahal umur kerja gue di perusahaan yang sekarang ini baru sekitar 5 bulan. Kalau ditanya kenapa, dan kalau gue boleh jawab jujur juga ada 2 main reason yang gue bakal keluarin. Yang pertama karena gue nggak nyaman dan yang ke-2 karena salary. Ditambah keluar masuknya orang di divisi gue bikin gue gerah dan pengen ikut keluar juga.

Gue udah menjalani proses interview di 4 perusahaan, 1 perusahaan menyatakan gue failed dan 3 perusahaan lain gantung dan gue nyatakan failed saja-lah. Habis nggak ada kabar lagi. Di saat-saat masa pencarian kerjaan gini, gue jadi kepikir, ‘nyari kerja itu kaya nyari jodoh yaa’. Gue kan di bagian HR yaa, jadi gue tau tuh kadang orang ditolak di kerjaan bukan karena orang itu bodoh atau nggak punya skill, terkadang karena karakternya nggak cocok sama atasannya. Kaya cari jodoh kan?? :p

Let's start!

1. Langkah pertama yang biasa dilakukan kalau untuk cari kerja adalah ubek-ubek job street, cari yang sesuai keinginan.
Ini sih bisa dibilang tahap perkenalan, kita juga pasti punya beberapa kriteria dan persyaratan pribadi kan untuk jadi pacar. Misalnya nih, gue tuh nggak akan apply kalo lokasi perusahaan itu jauh dari rumah (terutama daerah selatan ujung, barat dan timur). Gue bukannya manja, tapi gue realistis. Jakarta makin macet, kalo tiap hari gue harus ngadepin kemacetan kaya gituh, I will give up at the end. Nah, sama kaya cari jodoh nggak sih? Ada beberapa hal yang kita nggak bisa toleran, misalnya soal agama. Ngapain sok-sok bilang gapapa lah baru pacaran doank, nanti kalo married gimana?? Bisa nyatuin-nya kah??
2. Setelah kita apply kerjaan di Job Street, kita akan menunggu perusahaan telepon kita untuk penjadwalan interview/psikotest.
Dalam proses menunggu telpon dari perusahaan kita nggak perlu resah dan gelisah, nggak perlu ketakutan sampe kemana-mana bawa HP karena takut teleponnya nggak keangkat. Biasa semakin ngoyo semakin susah dapet. Tunggu ajaa dengan tenang. Kalo hari ini lu belum punya pacar nggak usah resah gelisah, santai ajaa. God knows the right time. Memperhatikan penampilan itu perlu dan penting, tapi nggak perlu kan dandan puoool in every occasion supaya dilirik cowo? Keep calm and keep smile, karena senyuman-mu itu menyenangkan hati orang lain.
3. Biasanya ketika klik apply di kerjaan gue cuma liat jobdesk dan lokasi, setelah dipanggil untuk dateng gue akan cari informasi tentang perusahaan ini.
Waktu gue dateng ke perusahaan itu, gue akan liat itu kantor kaya apa dari lokasi fisik dan orang-orangnya. Sama ketika lagi dalam masa pdkt, cari tau informasi sebanyak-banyaknya tentang orang tersebut. Jangan sampe belum kenal bener dengan orang itu ehh tau-tau udah pacaran. Nah loh!
4. Kalau udah dipanggil proses interview/psikotest tapi at the end nggak dipanggil lagi. Tenaaangg!! Bukan brarti karena kita low qualification tapi mungkin memang karena belon jodoh.
Kalau kita nggak diterima di sebuah perusahaan, nggak selalu karena salah kita kok. Bisa jadi mungkin karena karakter kita tidak sesuai dengan yang diinginkan perusahaan, tapi tetep lakukan evaluasi diri. Apakah ada kesalahan bicara waktu interview, atau salah baju? Kalo hari ini lu en lu belon punya pacar, jangan langsung underestimate diri sendiri. Nggak selalu kok karena lu yang terlalu gemuk, terlalu kurus, terlalu pesek, terlalu tinggi dll tapi bisa jadi karena emang belum ketemu ajaa dengan yang paasss. Tapi tetep lakukan evaluasi diri dan perluas pergaulan lagi J

Nyari kerja itu susyeeeehhh apalagi nyari jodoh. Buat lifetime partner loh.
So, yaa nggak gampang didapetin lah yaa :p



You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe