Mendengar Suara Tuhan

00.07

Yuhuuu hari ini pertemuan ke-3 mentoring dengan Ko Pohan.. Setelah off 2 minggu karena 1 dan lain hal, hari ini mentoring berjalan lagii.. Hari ini yang dateng rame loo, 2 kali daripada yang dateng biasanya.hohoo.. Hari ini tema mentoring kita adalah "Mendengar Suara Tuhan" Huuuumm sounds great right?? So, keep your attention to read this posting.. :)

Di dalam hidup kita ada 3 suara... 
1. Suara Hati
Suara hati adalah suara yang timbul di hati kita murni dari pikiran kita.. Biasanya suara hati timbul karena pengalaman-pengalaman kita di masa lalu. Seperti contohnya, kalo kita lagi di jalan, kita bingung mo belok kanan atau belok kiri, nahh kalau kita punya pengalaman belok kiri pernah macet, tentu di hati kita ada suara belok kanan sajaa.. Jadi suara hati benar-benar pure dari dalam diri kita, nasehat-nasehat apa yang pernah kita dengar di masa lalu yang tertanam di diri kita.

2. Suara Setan
Suara setan itu biasanya ada di pikiran kita, seperti ajakan, rayuan, dan itu menyentuh jasmani, biasanya berhubungan ke arah kedagingan dan itu sifatnya selalu enak. Contohnya seperti waktu Tuhan Yesus puasa 40 hari 40 malam, setan menggoda dia untuk mengubah batu menjadi roti, menjatuhkan diri sendiri, itu semua berhubungan dengan hal kedagingan.. Ko Pohan menambahkan bahwa kita yang sudah lahir baru, iblis tidak berhak lagi atas hidup kita sehingga ia menyerang di bagian pikiran kita..

3. Suara Tuhan
Waktunya tiba-tiba, tidak terduga, suara-Nya lembut dan kalau kita tidak meresponnya lama-lama akan hilang.. Suara Tuhan biasanya timbul dalam hati kita.. Kita mungkin tidak bisa 100 persen mendengar suara Tuhan dengan benar, ada kalanya kita salah dalam mendengarkan suara. Ituu hal yang wajar, mendengar suara Tuhan itu butuh latihan..

Cara Tuhan Bicara :
1. Lewat hati
Seperti yang sudah dibahas di atas, suara Roh Kudus lembut sekali, timbul dalam hati kita di waktu yang tidak terduga..

2. Audibel
Tidak semua orang bisa mendengar suara Tuhan secara audibel. Audibel berarti dengan nyata, seperti ada orang yang berbicara langsung..

3. Lewat Firman Tuhan
That's why kita harus rajin baca Alkitab, karena Alkitab adalah sumber segalanya, terkadang Tuhan berbicara lewat ayat-ayat yang kita baca. Mungkin ayat itu sudah kita baca berulang kali namun ketika suatu hari kita membacanya, ada pewahyuan Tuhan yang turun yang sesuai dengan apa yang kita alami.. Dari hal itu-laa Tuhan berbicara..

4. Lewat Peristiwa/Kejadian
Tuhan juga bisa berbicara lewat kejadian atau peristiwa yang terjadi dalam hidup kita.. Tadi Ko Pohan memberi contoh tentang apa yang terjadi pada keluarganya, then i want to tell about my family too.. Aku punya ii, suami-nya itu belum percaya Tuhan, padahal ii kuu udah ke Gereja dan pelayanan. Suaminya setiap diajak ke Gereja slalu nolak dengan beribu alasan.. Suatu hari, anak pertama mereka divonis dokter sakit tumor otak! Nahh, kabar itu cukup membuat kaget seisi rumah, dan waktu itu ntahh bagaimana ceritanya akhirnya suami ii-ku ini memberi diri dibaptis dan menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruslamat pribadi-nya.. Sampai akhirnya koko spupu ku itu meninggal karena tumor tersebut, suami ii-ku tidak lantas kecewa sama Tuhan tapi justru dia makin cinta Tuhan dan sampai sekarang suami ii-ku ini setia ikut Tuhan dan Tuhan mengubahkan keadaan ekonomi mereka dari yang hidup pas-pas-an sampai sekarang mereka diberkati Tuhan berlimpah-limpah.. 
Nahh itu salah 1 contoh Tuhan berbicara lewat peristiwa, akuu sedihh skalii waktu koko spupu ku meninggal tapi setelah dipikir-pikir, kalo sajaa koko ku itu nggak terkena tumor otak, mungkin sampai sekarang papa-nya belum mo terima Tuhan.. Kita harus peka akan setiap kejadian yang Tuhan izinkan terjadi atas hidup kita, enak ataupun tidak, pasti ada yang mo Tuhan ajarkan lewat peristiwa ituu..

5. Orang lain
Tuhan bisa berbicara lewat orang lain seperti Hamba Tuhan, teman-teman kita atau siapapun ituu. Bahkan mungkin teman-teman kita yang belum kenal Tuhan loo.. 

6. Mimpi
Mungkin kita sering bermimpi tentang suatu hal yang agak aneh atau menyeramkan. Seperti tadi Ko Pohan bercerita bahwa dia bermimpi tentang sesuatu, dia nggak taoo apakah mimpi dia itu akan menjadi kenyataan atau tidak. Jadi kita juga perlu berhati-hati dengan mimpi kita..

Smogaa bahan mentoring hari ini memberkati kita semuaa yaaa.. Tuhan Yesus sayaang kita semua ^^

You Might Also Like

3 komentar

  1. kessssyyyyaaa.... bagus Kes...

    first of all....gw turut sedih atas meninggalnya koko sepupu-lu. ya Tuhan, pasti sedih banget T__T tapi gw juga bersukacita karena om lu sudah di dalam Tuhan Yesus!! bener banget kata Ci Shinta. it's always about GOD. ALWAYS ABOUT GOD!! kita ga akan pernah tahu, kenapaaaa koko sepupu-lu harus meninggal...tapi ternyata dalam peristiwa itupun Tuhan Yesus bekerja.

    Tuhan selalu bekerja dari dulu sampe sekarang. kuasaNya tak pernah berubah....

    oh ya, soal mimpi gw jg pernah mimpi 4x bahwa papa gw bertobat Kes!! 4x!! aje gile gak tuh...tiap kali bangun dari mimpi itu gw serasa gak percaya deh. Kenyataannya sih semua masih burem2 aja,masih tetap sama. tapi gw tetap percaya bahwa God is in control, n gw percaya janjiNya bahwa bila 1 orang percaya, maka sekeluarga akan diselamatkan... :)

    BalasHapus
  2. ituu udahh lama koqq nik.hohoo.. wktu gue smp dehh klo ga slah.. tp wktu itu gue dahh ngerti klo gue sdih bangeed krna itu koko spupu yg pling disayang.hhehee..

    waaaaahhh amiin2..mang kluarga loe lumm terima TUhan yaa nik?? akuu br taoo loo..

    BalasHapus
  3. belom Kes. papa mama n dd gw kristen tapi ya masih kristen KTP gitu lah. hrrrh panjang ceritanya. panjaaang.... gw ni lagi berdoa tak jemu-jemu biar mereka boleh kenal Tuhan Yesus en ga sekadar beragama doank hehe.

    BalasHapus

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe