Jadilah Kuat

15.37

Happy Thursday..
Yuhuuuu, kemana saja saya selama ini??
Ini lagi minggu ujian akhir term 1, jadi selama ini aku sibuk tidur bikin cheat sheet dan juga belajar buat ujian..
So, this is very quick and short writing..

2 days ago, aku stress bangeeed karena 1 dan lain hal. Padahal harus belajar tapi otak nggak bisa konsen ke  materi ujian. Feel so stressed enn feel God koqq nggak sayang-sayang aku lagi yaaa, nggak elus-elus aku lagi yaa, enn malem-nya before sleep aku sempetin untuk denger khotbah Ps. Philip Mantofa.. This is the summary..

JADILAH KUAT DI DALAM TUHAN
Kita harus menjadi pribadi yang kuat kalau mo menerima berkat-berkat Tuhan. Kita harus menjaga api yang ada di dalam diri kita..

"Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat! Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!" -2 Korintus 1:13-14-

Tuhan mo kita jadi pribadi yang kuat supaya kita bisa berjaga-jaga, supaya janji-janji Tuhan untuk diri kita tidak dicuri oleh iblis.
Be strong inside! Kita harus memiliki kekuatan di dalam jauh lebih besar daripada yang kelihatan dari luar, memiliki kehidupan rohani yang kuat, memiliki iman yang kuat. Pohon yang kuat-lah yang akan menghasilkan buah. Kita bisa menjadi pribadi yang kuat bukan karena kekuatan kita pribadi, tapi karena kekuatan Tuhan yang ada dalam diri kita. 

Ada 4 vitamin C dari Tuhan : 
1. Condemnation Free
1Jn 3:19  Demikianlah kita ketahui, bahwa kita berasal dari kebenaran. Demikian pula kita boleh menenangkan hati kita di hadapan Allah, 
1Jn 3:20  sebab jika kita dituduh olehnya, Allah adalah lebih besar dari pada hati kita serta mengetahui segala sesuatu. 
1Jn 3:21  Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau hati kita tidak menuduh kita, maka kita mempunyai keberanian percaya untuk mendekati Allah, 
1Jn 3:22  dan apa saja yang kita minta, kita memperolehnya dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya. 

Kalau kita mau hidup kita kuat, kita harus terbebas dari tuduhan (condemnation). Kadangkala pribadi yang paling jahat dengan diri kita adalah diri kita sendiri. Seringkali kita terlalu menuduh diri kita sendiri, mengasihani diri kita sendiri. Kalo memang kita berbuat dosa, segera minta ampun dan bertobat supaya tidak ada tuduhan dalam hati kita, tapi kalo kita tidak bersalah jangan menuduh dan mengasihani diri kita sendiri..

2. Convinced - YAKIN pada Tuhan
Rom 8:28  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. 

Rom 8:29  Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. 
Rom 8:30  Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. 

Kita harus meletakkan pengharapan kita kepada Kristus. Kita harus yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita (mungkin itu kegagalan) tapi hal itu mendatangkan kebaikan buat kita. Kita harus yakin dan percaya pada Tuhan..

3. Covenant - Perjanjian
Gen 15:1  Kemudian datanglah firman TUHAN kepada Abram dalam suatu penglihatan: "Janganlah takut, Abram, Akulah perisaimu; upahmu akan sangat besar." 
Gen 15:2  Abram menjawab: "Ya Tuhan ALLAH, apakah yang akan Engkau berikan kepadaku, karena aku akan meninggal dengan tidak mempunyai anak, dan yang akan mewarisi rumahku ialah Eliezer, orang Damsyik itu." 
Gen 15:3  Lagi kata Abram: "Engkau tidak memberikan kepadaku keturunan, sehingga seorang hambaku nanti menjadi ahli warisku." 
Gen 15:4  Tetapi datanglah firman TUHAN kepadanya, demikian: "Orang ini tidak akan menjadi ahli warismu, melainkan anak kandungmu, dialah yang akan menjadi ahli warismu." 

Abraham memiliki covenant (perjanjian) dengan Tuhan bahwa ia akan memiliki keturunan. Perjanjian antara Tuhan dan Abraham inilah yang membuat Abraham yakin ketika ia diminta untuk mempersembahkan Ishak. Ketika mempersembahkan Ishak, Abraham ingat akan perjanjian antara dia dengan Tuhan bahwa yang akan mewarisi kekayaan Abraham adalah keturunannya. Lewat covenant itu Abraham tetap kuat dan yakin pada Tuhan.
Apa yang menjadi covenant-mu hari ini dengan Tuhan?? 
Ingatlah itu. Supaya engkau tetap kuat dan tetap yakin pada Tuhan.

4. Commitment
Psa 37:3  Percayalah kepada TUHAN dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia, 
Psa 37:4  dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu. 
Psa 37:5  Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak; 

Setiap aspek hidup kita membutuhkan yang nama-nya komitmen. Pernikahan, keluarga, Gereja membutuhkan komitmen. Mazmur jelas berkata, berlakulah setia.. Ketika kita berada dalam situasi sulit, berlakulah setia, bertahanlah, karena lebih baik bertahan dalam situasi sulit daripada keluar dari kehendak Allah. Orang yang meninggalkan Tuhan akan kehilangan segalanya. So, jangan pernah meninggalkan Tuhan apapun kondisimu..

~~THE END~~
*********************************************************
After dengerin khotbah ini, i am getting stronger..
Nggak merasa disayang-sayang sama Tuhan bukan berarti Tuhan nggak sayang lagi sama kita. It means Dia mo kita tumbuh lebih dewasa lagi. Jadi kuat bukan karena kekuatan kita, tapi karena ada kekuatan Allah dalam diri kita..

Ahhhh Lord..
Aku nggak bakal lupain covenant di antara kita..
Tengkiuuuuu Lord..........
I am stronger.... stronger and STRONGER...

You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe