Pelajar Sejati

22.50


Tepat seminggu yang lalu gue lagi gelap-gelapan di rumah, duduk di balkon dan liatin banjir yang cukup tinggi di jalan dan di dalam rumah. Bener-bener nggak kerasa seminggu sudah berlalu, issue banjir masih jadi momok buat warga Jakarta, but all I want to say is TUHAN baik.


Hari ini Velos ada rapat 2 minggu-an, topik umum yang kita bahas adalah tentang HMC (Healing Movement Camp). Kita mo adain HMC tanggal 10, 17, 24 Maret jam 9 pagi sampe jam 1 siang di GBI Gunung Sahari, Mall Golden Truly. Ini HMC khusus youth (kisaran SMP-kuliah) and FREE! So, buat yang baca ini enn mo join, feel free to ask me lewat facebook atau twitter yaa :D. Nahh kita tadi bahas tentang cari dana, mulailah muncul beberapa ide dari yang masuk akal sampe agak nggak masuk akal. Beberapa kita ambil, kita akan jualan, bikin scrap-page, paper craft, ngamen, pokoknya kita kerahkan semua yang kita bisa! Ini bukan pertama kalinya gue jadi panitia HMC, dan HMC itu biasanya butuh dana cukup besar tapi gue selalu melihat betapa Tuhan luar biasa, dulu pernah kita dapet 17 juta dalam waktu 3bulan! Yaahh kita juga tetep usaha sihh, jualan ini dan itu tapi ada juga orang yang nggak tau siapa aja bisa tergerak ngasih dan akhirnya bukannya minus malah surplus. Sejak saat itu, gue selalu percaya bahwa Tuhan Yesus pasti cukupkan, tapi yaah kita mesti usaha juga-lah. Iman tanpa perbuatan itu mati. Kerjain bagian kita dan percaya bahwa God will do the rest. 

Setelah itu kita bikin video untuk warta hari minggu di Velos, kita bikin pake format baru sih, beda dari biasanya. Jadi ada presenter gitu, ternyata lumayan ribet juga yaa syuting gituan. Trus gue bantuin untuk bikini naskah apa yang harus diomongin si presenter. Gue realize something sih dari proses bikin video tadi, gue ternyata nggak punya cukup banyak pengetahuan tentang bikin berita dsb. Maklum gue mang jarang nonton tv dan juga super jarang nonton berita. Temen gue ada yang kuliah komunikasi gitu, jadi yaah dia yang lebih ngerti, dia yang nge-direct. Gue jadi berpikir bahwa gue harus nonton acara-acara TV yang lebih berbobot nih (gue demen-nya nonton infotainment :p) supaya tau gaya-gaya presenter kaya apa, cara ambil angle yang bagus dsb, karena gue cukup tertarik dengan video2 dan short movie. Tertarik di belakang layarnya, en gue tau bangeed bahwa iblis berusaha keras merebut anak-anak muda lewat media, jadi kita juga nggak boleh kalah. Menangkan anak muda lewat media! :D

Gue juga sadar bahwa gue ini banyak nggak bisa-nya, gue masih butuh belajar ini dan itu. Gue harus lebih rendah hati, mo diajarin oleh siapa ajaa meskipun yang ngajarin lebih muda atau lebih nggak berpengalaman. Gue harus punya hati yang mo belajar dan mo diajar. Well yaa gue masih jauuuhh dari sempurna, gue harus mo denger-dengeran kalo orang kasih saran/masukan. Trus hari ini gue lil bit shock sih, my youth pastor mo bikin tim caring gitu kan. Jadi kita bisa punya hubungan lebih deket sama jemaat, nggak cuma say hello di hari minggu aja. Nahh yang nggak disangka-sangka, gue kepilih donk jadi tim caring cewe. Jadi ada 3 orang, gue, Indah en Ayen. Kalo Ayen sih gue nggak heran, doi ini hebat, bisa nyambung ngobrol sama orang dari anak sekolah minggu sampe usia lansia. Cepet akrab sama orang, bisa nyesuain diri banget lah, trus juga sabar ngeladenin jemaat Youth kita yang masih abegeh2, tiap hari doi bbm-an tuh sama abegeh2. Gue sama Indah tadi kaya wondering gitu, selama hampir 5 tahun pelayanan kita mana pernah kepilih dari tim caring! HAHAHA. Indah orang-nya tegas, lah gue. Gue tipikal orang yang kalo kasih tau cukup 2-3 kali, kalo tuh orang masih auban gue udehh males, cuekin aja. Bisa kepilih jadi tim caring?? *wondering*

Sebenernya, gue kurang suka pelayanan yang berhubungan langsung sama orang gitu. Lebih suka megang acara, bikin konsep ini itu, karena pernah sedikit trauma waktu nge-bina beberapa anak. Gue merasa gagal bangeet waktu itu, gue juga merasa bahwa gue nggak cukup baik untuk pelayanan ‘turun langsung ke jemaat’. Tapi dengan dipercaya-nya gue jadi tim caring, gue tau bahwa Tuhan mo gue belajar. Belajar lebih care sama orang, belajar lebih sabar, belajar melihat suatu hal (masalah) nggak cuma dari kacamata seorang kezia, tapi dari kacamata orang lain. Jadi inget beberapa ayat di Amsal :

“Dengarlah didikan, maka kamu menjadi bijak; janganlah mengabaikannya.” –Amsal 8:33-

“If you listen to advice and are willing to learn, one day you will be wise.” –Proverb 19:20- GNB

Itu kuncinya, punya hati yang mo belajar dan mo diajar.

Gue kan juga bergabung dengan tim bulletin di Gereja. Pemimpin dari bulletin ini memang bener-bener orang jurnalistik, dia tau bangeed lah seputar tulisan di bulletin yang bagus, baik dan benar itu gimana. Awalnya, susyeeh buangeed bow ikutin keinginan dia. Tulisan gue banyak dikritik, kurang ini dan kurang itu. Percayalah nulis di blog dengan bahasa ‘sesuka hati dan jidat yang penting ngerti waktu dibaca’ ini jauuuuh lebih susah daripada nulis formal untuk bulletin gitu. Awalnya sempet kesel sih, karena dikritik mulu, kurang ini-lah, kurang itu-lah. Tapi gue nggak mo nyerah, gue harus belajar lagi dan lagi, supaya tulisan gue semakin hari semakin tajam. *tsaaaaahhh :p

Yahhh akhir kata, tulisan ini gue bikin untuk reminder buat gue pribadi juga. Soalnya manusia suka lupa diri, makin sukses makin nggak mo belajar dan nggak mo diajar, semacam merasa expert gtu dehh :p Ingat yaa kezia, kuncinya : mo belajar dan mo diajar! :D

You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe