Indonesiamu Indonesiaku

22.33

Yuhuuuu, i'm back!! Back dari mana memang?? Jadi 3 hari kemarin saya baru saja ikut sebuah retreat yang bernama 'Doulos Camp' Saya tidak jadi peserta, jadi retreat itu diadakan oleh mama saya. Nahh, saya disuruh ikut dengan alesan di rumah 3 hari selama lebaran nanti nggak ada mam *doeeeengg* Ntahh mengapa mama saya niat bangeeed suruh saya ikut, sampe baju untuk retreat itu dipackingin sama mama (hal yang jaraaaang skali dilakukan.hahaha) Saya malas karena saya sudah pernah ikut retreat seperti ini, jadi saya pikir ngapain ikut lagi. Tapi saya nurut mama, saya ikut :p Enn saya sama skali nggak nyesel ikut retreat itu! Api saya seperti di re-charge. Di sesi terakhir, kita sama-sama berdoa untuk Indonesia.. dan itu membuat mata saya terbuka, telinga saya mendengar dan hati saya merasakan bahwa ..............
Saya adalah orang Indonesia, dan saya bangga jadi orang Indonesia..

Saya sebuah sebuah statement bahwa di dalam Tuhan tidak ada suatu hal terjadi dengan kebetulan. Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu mendatangkan kebaikan bagi kita. Apapun yang terjadi atas hidup kita tidak terjadi dengan kebetulan, melainkan Tuhan punya rencana atas itu! Ketika saya berdoa, Tuhan memberi sebuah ilustrasi tentang hal ini. Kalo kita lahir di Indonesia, bukan karena Tuhan mikir, "waduhh Singapur negaranya kecil yaa, udahh full. Si keZia dilahirin di Indonesia ajaa dehh, tuhh negara gede, muat banyak orang." NO! Bukan seperti itu temaan, tapi kalo saya dan kamu semua bisa lahir di Indonesia, itu karena Tuhan mo kita mengerjakan sesuatu untuk Indonesia! Tuhan mo kita berjuang bukan hanya dengan doa tapi dengan perbuatan kita untuk Indonesia..

"Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya." (Efesus 2:10)

Kita di diciptakan Tuhan untuk melakukan sebuah pekerjaan baik, kita tidak diciptakan Tuhan bukan hanya untuk menuhin bumi supaya nggak kosong. Tuhan sudah memilih kita bahkan sebelum dunia ini dibentuk untuk melakukan tugas khusus, yaitu mengelola bumi. Ayat diatas jelas bahwa Tuhan mo kita hidup didalamnya -- hidup dalam pekerjaan baik yang sudah dipersiapkan Allah. Kalo kita adalah orang yang lahir di Indonesia berarti kita adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola Indonesia, bukan untuk merusaknya atau menghancurkannya. 

Dulu saya adalah orang yang sangaaaad cueeeek dengan kondisi bangsa Indonesia. Jujur saja, saya jaraaang bangeed nonton berita. Why?? Simple : saya nggak suka.. Karena biasanya berita yang disiarkan itu lebih cenderung ke hal-hal yang seram daripada yang menyenangkan, dan karena saya sering ada di rumah sendirian, hal itu membuat saya takut. Tapi akibatnyaa adalah, saya jadi nggak taoo tuhh ada perkembangan apa tentang Indonesia. Sejak saya kenal sama Louisa, mata saya jadi sedikit terbuka tentang Indonesia, karena dia sering sekali menulis tentang hal-hal yang terjadi di Indonesia. Saya jadi sedikit mencintai Indonesia. 

Seiring berjalannya waktu, saya semakin mencintai Indonesia.. Koqq bisa?? Yaaa, karena saya minta kecintaan akan Indonesia itu sama Tuhan. Saya seringkali berdoa, "Tuhan, keZia mo hidup-ku semakin hari semakin menggenapi panggilan Tuhan, dan aku mo melakukan sesuatu untuk Indonesia." Setiap kita diciptakan Tuhan secara khusus, dan kita juga diciptakan Tuhan untuk melakukan tugas khusus bukan hanya untuk memenangkan jiwa untuk Tuhan tapi juga untuk bertanggung jawab atas tempat dimana kita dilahirkan, Indonesia! Setiap kita punya panggilan masing-masing, ada yang Tuhan panggil menjadi seorang dokter, seorang misionaris, seorang guru dll. Panggilan kita itu khusus, dan apapun panggilan kita, kita punya tugas yang sama : memenangkan jiwa bagi Tuhan, tapi hari ini saya tambahkan tugas-nya dengan : Mengelola Indonesia..

Apa yang bisa kita lakukan sebagai orang Indonesia??
1. Berkati Indonesia dengan perkataan kita
Banyak bangeeeed orang yang setiap harinya mencaci maki Indonesia. "Indonesia itu bobrok pemerintahnya, korupsi semua." "Indonesia sudah nggak ada harapan lagi untuk maju." "Indonesia sudah diambang kehancuran" dsb. Tauukah kalian bahwa mulut kita itu berkuasa?? Setiap hal negatif yang keluar dari mulut kita itu didengar oleh iblis, dan iblis pasti ambil kesempatan akan hal itu. Jadi kita harus ubah setiap caci maki kita untuk Indonesia dengan ucapan yang memberkati Indonesia. Katakan "Pemulihan pasti terjadi atas Indonesia." "Lawatan Allah yang luar biasa pasti terjadi di Indonesia." "Indonesia akan mengaku bahwa Yesus adalah satu-satunya Tuhan." (saya belajar juga) Dan kuasa perkataan itu nyata teman, setiap perkataan berkat yang kita tabur hari ini, pasti akan kita tuai!

2. Berdoa bagi Indonesia
Mungkin kita masih muda, kita nggak punya jabatan dan wewenang apa-apa di pemerintahan. Mungkin kita seringkali gregetan sama pemerintah-pemerintah kita yang suka korupsi. Tapi kita nggak mungkin kan dateng ke MPR truus bilang, "Heyy kalian pemerintah, kerja kalian korupsi doank. Kerja yang bener donk!" Can you imagine apa yang terjadi setelahnya?? Bisa-bisa kalian ditangkep dehh langsung.. :D Jadi kita harus gimana donk?? Simpel ajaaaa, 'BERDOA' Doa orang benar besar kuasanya. Sisipkanlah Indonesia dalam doa pribadimu. 

3. Melakukan sesuatu untuk Indonesia
Iman tanpa perbuatan adalah mati. Kita nggak cukup hanya berdoa untuk Indonesia, kita harus berbuat sesuatu untuk Indonesia.. Kita harus tanya Tuhan, apa yang harus kita lakukan untuk Indonesia. Nggak harus dimulai dengan hal besar koqq, kita mulai dari hal kecil. Kita nggak harus jadi anggota MPR DPR sebagai tanda kita peduli sama Indonesia. No! Kita bisa melakukan sesuatu untuk Indonesia yang lebih baik dengan bakat kita, talenta kita, dan terutama panggilan hidup kita.. 

Yuu temen-temen mulai hari ini, kita harus sama-sama berpikir dan berdoa, "Apaa yaa yang harus saya lakukan untuk Indonesia. Apa yang harus saya lakukan dengan panggilan saya untuk Indonesia?" Kita harus mulai bergerak untuk Indonesia, ingaad bahwa bukan kebetulan kita ada di Indonesia, Tuhan punya rencana khusus untuk kita atas Indonesia. Tugas kita adalah menemukan rencana itu dan dengan segera melakukannya. Indonesia adalah milik kita bersama, Indonesia-mu Indonesia-ku. Ayoo kita bergerak, lakukan banyak hal luar biasa untuk Indonesia. Kalo bukan sekarang, kapan lagi??

Indonesia-mu... Indonesia-ku... 
Saya bangga jadi orang Indonesia, dan saya mencintai Indonesia..

Ini Indonesia-ku dan Indonesia-mu


*mungkin kalo Louisa baca posting ini, bisa kah kamu menambahkan poin-poin yang harus kita kerjakan?? Mengingat pengetahuanmu lebih banyak tentang Indonesia*


You Might Also Like

7 komentar

  1. yang kulakukan buat Indonesiaku adalah menjadi PNS yang takut akan Tuhan, melayani di bidang pemerintahan tanpa ninggalin identitas sebagai anak Tuhan, being different dibanding mereka yang gak takut Tuhan. Sekarang banyak anak Tuhan yang bekerja buat pemerintah kita, tapi bekerja sama seperti mereka yang gak takut Tuhan, fiuhhh.....Gimana Indonesia bisa jadi makin baik kalo gitu terus, aku juga berjuang doing my best for Indonesia with my job now ^-^

    BalasHapus
  2. iyaaa, idem sama mega, ak juga berusaha melayani Tuhan dengan jadi pns yg berkenan :D btw, thanks ya Kez buat sharing ny soal memperkatakan yg baik buat Indonesia n pemerintahny. We, the government, really need public support... and we need the words of blessings, the words of prayers... :)

    BalasHapus
  3. @kak mega.. wahh kak mega pns yaa?? mang kerja jadi apaa kak??hoho.. iyaa bner2 stau ku tuhh kalo pns kerja suka semau-na yaaa, dateng enn pulang smau-na..hehehe.. denger2 sehh gtuu kak. bner ga sehh??

    @dhieta.. dhieta aku mo follow blog mu ga bs.. anehhh.. lagi rada eror nehh blogger.hoho.. iyaa bneer aku juga lagi blajaar nehh soalnya biasa kan bisa-na caci maki pemerintah.hehehe.. pdhal mulut kt sangaad berkuasa..

    BalasHapus
  4. Bner kok Kez, ada yang gitu, di tempatku banyak, haduh.....kalo diceritain malu aku, hiks...Ga tau ya kalo di tempat lain piye. Aku juga berjuang untuk still being different, masalahnya sering juga tergoda ngelakuin hal yang sama (pengakuan dosa nih...^^').

    O,iya aku kerja di Pemerintah Kab.Katingan, penempatan di Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kab. Katingan. Panjang banget ya namanya...hahahaha. Iya nih, soalnya berhubungan ma 3 kementrian, jadi ngurusin 3 urusan: Perindustrian, perdagangan dan Koperasi. Aku di bidang industri ^^

    BalasHapus
  5. Keees ini bagus banget lo. Hadeuh payah baru baca sekarang hehe :p En namaku disebut!! kiahahaha jadi malu saya. tapi tersanjung juga sih hihihi ^^

    Yah aku emang cinta sama negeri ini sih tapi kadang jg sering jatuh bangun Kes. En berdoa untuk Indo, jujur aja kadang masih bolong2...hehe. Soal apa yg bisa kulakukan untuk Indo, sudah ada gambaran sih :) yg dibutuhkan sekarang hanya keberanian untuk bertindak. Kamu gimana? dah ada bayangan belon mau ngapain buat bangsa ini? hehe.

    BalasHapus
  6. oh ya, kata2mu kalo Tuhan taruh kita di negeri ini dg suatu alasan, itu juga benar banget. Pasti ada sesuatu yg Tuhan taruh di hati kita untuk kita kerjakan buat bangsa ini ya Kes. Yah to be honest sih kadang2 gue masih ga ngerti, ga percaya en bertanya-tanya kenapa oh kenapa aku adalah seorang WNI. kok bukan negara lain di Eropa or Amrik gitu ya hehe.

    BalasHapus
  7. @kak mega.. aduhhh kaya-na rebeeet yaa kak kerja-na??hehehe.. tapi tetep smangaaad yaa kak buat jadi pegawai negri yang beda dari yang lainnn...hihihii..

    @nonik.. lumm nik.. apaa yaa??hoho.. ayoo donk nik tulis tindakan apaa yang harus kita buat untuk indo.hahaha.. iyaa nik samaa apalagi klo liat di luar tuhh bersih2, sarana umum sangaad terawaat, teratuuur.. tapii yaaaa kita orang Indo niiikk.. proud to be Indonesian! ^^

    BalasHapus

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe