Part of Pandemic Story

21.22

Tahun 2020 ini unik banget! Kita seperti masuk ke sebuah masa yang belum pernah dilalui sebelumnya. Postingan ini akan berisi cerita-cerita saja, will be a long post. Kenapa aku nulis ini? Supaya nanti di tahun-tahun berikutnya, aku bisa tau bahwa aku pernah melewati masa yang seperti ini. 

So, let me flashback ke beberapa bulan yang lalu. 

Awal tahun 2020 ini, dunia dihebohkan dengan sebuah virus dari China yang menewaskan banyak orang. Saya inget banget saat-saat itu Indonesia masih nyantai banget. Bahkan ada beberapa meme yang bilang, “Ahh itu virus gak bakal mempan di orang Indo, orang kita jorok-jorok.” DAN JRENG JRENG….

(Kalau gak salah, akhir Februari) ada 2 orang yang teridentifikasi virus Covid-19, dan orang Jakarta langsung HEBOH! Semua memborong vitamin.C, masker, sabun cuci tangan, hand sanitizer, dan juga borong belanjaan ini itu atau waktu itu istilahnya panic buying.

Aku termasuk gak? Well, to be honest, at that day aku juga pergi ke swalayan (jiwa-ku jiwa emak-emak gengs!), tapi aku gak tahan sama antriannya. Bersyukurnya adalah, aku udah sempet stock vitamin C, hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan masker sebelum virus itu masuk ke Indonesia (jiwa emak-emak yang berguna). 

Lalu, hari-hari terus berjalan dan semakin banyak orang yang terinfeksi virus ini. Di Universitas tempat aku kerja sendiri, sudah mulai ada sounding bahwa Mahasiswa akan belajar dari rumah, dan karyawan diminta untuk bersiap agar tetap bisa memberikan layanan meskipun Mahasiwa di rumah. Aku kerja di sebuah Center yang menyediakan program pengembangan soft skills untuk seluruh Mahasiswa. Kita sering mengadakan training dan program lainnya. Wahh kita udah panik tuh, gimana yaa training online, apa rasanya, gimana dapetin energi dari peserta dan pertimbangan lainnya. Tapi kondisi memaksa kita untuk memulai online training.

So, kita mulai pertama kali Online Training dari Kampus. Ternyata gak seburuk yang kita kira, dan ketika membawakan online training aku ngebayangin jadi penyiar radio (mimpi yang nggak kesampaian). Hahaha. 

Pertama kali Online Training di Kampus

Di pertengahan bulan Maret (saat Mahasiswa sudah kuliah dari rumah), Bos ku kumpulin kita semua, ternyata ada rencana untuk kami Work From Home. Jadi 1 tim akan dibagi menjadi 2 tim dan bekerja bergantian kantor-rumah setiap 1 minggu 1 kali. Kebetulan tim aku mendapatkan giliran off yang pertama kali, jadi sebelum pulang kantor aku merapihkan beberapa barangku, dan juga back up file dari PC ke flash disk. Tiba-tiba bos-ku dapet telpon dan kita disuru kosongin Gedung dalam waktu 30 menit karena ternyata ada yang teridentifikasi positif di Gedung kantor-ku. Jrengg!! Akhirnya kami buru-buru rapihin barang-barang, bawa barang2 penting punya temen-temen yang udah pulang. Rasa degdeg-an nya masih berasa sampe aku nulis sekarang ini. 

Rencananya sih 2 minggu doank WFH nya, ehh tapi ternyata sampai saat ini.....

Well, sebenarnya sih udah bisa ngantor tapi aku gak memenuhi syarat untuk WFO (Work From Office), karena BMI ku lebih dari standard. Hahaha..

Hari ke-6 WFH, muka masih cerah semangat, hari-hari berikutnya gak karuan.haha..

Trus kerjaan gimana? Ternyata WFH itu lebih gilaa kerjaannya. Hahaha. 

Untungnya, aku nih orang yang suka kerja dan aku bayangin kalau gak ada kerjaan (atau WFH-nya yang nyantai), kayanya aku bisa bosen banget bangeet. 

Online Training terus menerus berjalan. Kami beralih dari WEBEX ke ZOOM, dan yes aku jauh lebih suka pakai ZOOM untuk online meeting. Awalnya kita sering banget ngeluh, “duh gak enak nih online training, energi-nya gak dapet, kangen banget ngajar langsung dsb…” Setelah 7 bulan, statement tersebut udah gak keluar lagi, udah terbiasa. Bahkan, bukan hanya training, kami mengadakan TEA TIME (casual talk show), INSPIRE (Inspirational Session), Webinar skala ratusan peserta dan acara lainnya. Yang paling top waktu Regis Machdy (Penulis buku Loving the Wounded Soul) jadi pembicara di salah satu sesi. That was so inspired! 

Aku sendiri udah jadi Trainer, Host di IG Live, Moderator, MC untuk berbagai acara online. Sebagai seorang wanita yang punya jatah ngomong banyak, aku seneng banget kalau dapet ‘panggung’ seperti itu. Hehe. 

Waktu jadi Moderator, difotoin =)

Di sisi lain… 

Tantangan terbesar dari WFH menurutku adalah komunikasi di dalam tim. Nggak semua orang punya kemampuan yang baik untuk menyampaikan sebuah pesan dengan clear tanpa tatap muka, miskomunikasi sering banget terjadi, sehingga online meeting juga harus sering dilakukan supaya kerjaan tetep jalan. Aku-pun pernah emosi sampe marah-marah banget sama temen di dalam tim karena ngerasa susah banget nyamain pemikiran. Arrghhhhh…

Meeting juga gila-gilaan banget karena kan meeting dari rumah. Ter-dabest adalah pernah online meeting sampai jam 2 pagi!hahaha. Tapi itu bukan meeting sih, jadi aku tergabung dengan tim untuk membuat Microsite untuk Mahasiswa Baru, dan kita cuma dikasih waktu 2 minggu untuk jadiin sebuah online guidance buat para mahasiswa baru. Jadi waktu itu h-1 Microsite harus launching sedangkan kontennya masih kurang ini itu, jadi kita kerjain bareng-bareng dan terhubung via ZOOM. Aselik seru banget sih walaupun kerjainnya udah kaya maling dikejer polisi. Super ngebut!hahaha. 

Then, gimana dengan pelayanan? 

Sampai saat ini juga masih ibadah online. Kemarin ini Jumat Agung juga ibadah online, aku sempet sedih banget karena somehow aku merasa ibadah Jumat Agung dari tahun ke tahun itu selalu beda. Selalu lebih deep daripada ibadah Natal. Dan Natal juga harus online. Sedih banget sebenernya menghadapi fakta-fakta seperti ini, tapi gimana donk kan harus berdamai dengan kondisi juga. 

Ups and downs dalam pelayanan ada banget. Beberapa pengerja memutuskan mundur dari pelayanan di masa pandemic ini. Well, memang nggak mudah banget menjaga spiritualitas di masa pandemi kaya gini. Aku pun ada masa-masa dimana on fire banget cari Tuhan, ada masa dimana rasanya hopeless dan dingin banget. Gone with the flow aja gitu hidupnya, gak ada gairah lagi, gak menemukan ‘makna’ lagi dalam hidup sehari-hari. Ada masa dimana aku bisa nangis gak karuan tanpa tau penyebabnya apa, ada masa dimana aku menjalani hidup autopilot : tidur-bangun-kerja-tidur (on repeat)

I just realized, selama ini kita tuh membangun kehidupan spiritualitas dengan banyak support system. Apa maksud dari support system? Pernah gak lagi ngerasa down banget, trus ibadah nih di Gereja, waktu Worship Leader nyanyiin lagu penyembahan buat Tuhan rasanya langsung serrrrrrr, ngerasain hadirat Tuhan, dan jadi fresh. Atau, sebenarnya lagi payah banget tapi begitu di Gereja, denger yang lain menyembah Tuhan sungguh-sungguh, atmosfir berubah dan kita langsung bisa nyembah juga.

Pernah? Aku mah sering..

Lalu di rumah gini gimana? Just you, and laptop. Bisa banget tuhh lagi streaming ibadah di Youtube, kegoda buka hal-hal lainnya. Distraksi-nya banyak bangeet! But disinilah hubungan kita dengan Tuhan diuji. Hubungan pribadi dengan Tuhan memang seharusnya just you and God. Cuma ada 2 komponen, you and God. Komponen lain adalah komponen tambahan yang kalau tidak ada, seharusnya tidak mempengaruhi apapun dalam hubungan tersebut. 

Aku bener-bener pengen pandemi ini segera berlalu. Sungguh kangen banget bisa pergi-pergi tanpa halangan apapun, kangen bisa kumpul sama temen-temen. Se-intense apapun pertemuan via ZOOM, video call, nggak akan bisa menggantikan pertemuan secara fisik.

But.. Let God’s will be done.

You Might Also Like

0 komentar

pliss give your comments to encourage me :)

Subscribe